Protokol Keamanan Roblox Diperketat, Orang Tua Makin Bisa Awasi Anak

virprom.com – Platform game Roblox mengumumkan protokol keamanan baru yang membatasi apa yang dapat diakses oleh anak-anak. Protokol ini memberi orang tua kendali lebih besar atas apa yang dilakukan anak mereka di Roblox.

Dengan cara ini, orang tua memiliki ketenangan pikiran dan kemampuan untuk memantau anak-anak mereka ketika mereka bergabung dengan Roblox.

Protokol keamanan untuk game PC, seluler, dan konsol ini akan berakhir pada November 2024.

Keputusan ini diambil sebagai akibat dari tuduhan yang terus berlanjut bahwa Roblox Corporation gagal melindungi sebagian besar pemain muda dari konten yang tidak pantas.

Baca juga: Setelah Instagram, Roblox Larang Bahasa Turki

Ada juga laporan bahwa Roblox adalah “tempat yang baik untuk pedofilia”, yang memungkinkan anak-anak untuk “melakukan pelecehan, pornografi, kekerasan, dan konten kekerasan”.

Menurut email yang dikirim oleh Roblox Corporation kepada orang tua dari anak-anak yang bermain Roblox, platform game tersebut mengintegrasikan akun Roblox dengan hak orang tua.

Setelah menautkan akun ini ke akun anak, orang tua dapat melihat dan memperbarui kontrol orang tua untuk anak-anak mereka, dari perangkat mereka sendiri.

Kontrol orang tua adalah fitur di Roblox. Fitur ini memungkinkan orang tua memilih konten atau permainan mana yang dapat diakses anak mereka, mematikan fitur chat, dll.

Dengan akun baru ini, orang tua dapat melihat bagaimana anak-anak mereka menggunakan Roblox, seperti yang mereka dan teman-temannya lakukan setiap hari di situs tersebut.

Roblox Corporation menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai bagian dari komitmennya untuk menjadikan platformnya sebagai salah satu lingkungan online paling aman bagi pengguna, terutama kaum muda.

Selain itu, konten atau game di Roblox kini dicantumkan berdasarkan jenis konten, bukan berdasarkan nomor. Dengan begitu, orang tua dapat mengakses menu “Pengaturan Privasi Konten” untuk membatasi tag konten yang tidak dapat diakses oleh anak-anak.

Anak-anak di bawah usia 13 tahun kini harus meminta izin orang tua jika ingin mengakses fitur tertentu di ruang obrolan, KompasTekno rangkum dari Engadget, Kamis (24/10/2024).

Baca juga: IKEA Ajak Pemain Roblox Beli Bola Basket di Toko Virtualnya

Oleh karena itu, anak di bawah usia 9 tahun harus mendapatkan izin orang tua jika ingin mengikuti permainan dengan tingkat konten “Sedang”.

Konten ini berisi tentang berbagai macam game yang mengandung kekerasan dan humor ringan.

“Sejak hari pertama, Roblox telah berkomitmen untuk memasukkan fitur dan alat keselamatan ke dalam desain produk kami,” tulis Roblox dalam email yang dibagikan kepada orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top