Jaksa Agung: Masyarakat Tidak Harapkan Penegakan Hukum yang Normatif, tapi Humanis

JAKARTA, virprom.com – Jaksa Agung RI ST Burhanuddin meminta anak buahnya mengutamakan perlindungan hukum humaniter, karena menurutnya masyarakat ingin hukum ditegakkan dengan rasa keadilan. .dan kemanusiaan.

Hal itu diungkapkan Burhanuddin di akhir Pendidikan dan Pelatihan Jaksa Penuntut Umum (PPPJ) angkatan 81 Gelombang I Tahun 2024.

Masyarakat tidak mengharapkan penegakan hukum yang biasanya benar, tetapi juga menyentuh perasaan dasar manusia tentang apa yang benar dan bermanfaat, kata Burhanuddin dalam keterangan resmi, Selasa (1/10/2024).

Burhanuddin juga menekankan pentingnya keseimbangan aturan hukum dan moral untuk menciptakan undang-undang yang dilaksanakan secara adil.

Baca Juga: Jaksa Agung melantik 4 Komisaris baru dan 3 Direktur baru

 

Ia menggunakan metafora cermin hati nurani, dimana hati yang murni akan mengungkapkan kebenaran, sedangkan hati yang kotor akan menyembunyikannya.

Dia mengingatkan, jaksa tidak akan menoleransi pelecehan dalam bentuk apa pun.

Jaksa juga harus cerdas menjalankan tugas penegakan hukumnya, termasuk peran jaksa, penyidik, penegak hukum, dan penegakan hukum.

“Sebagai polisi, Anda mempunyai kekuasaan yang besar, misalnya untuk merampas kebebasan seseorang. Pengelolaan ini harus dilengkapi dengan kejujuran, ketrampilan dan etika. “Kalau tidak, Anda kejam dan tidak adil,” kata Burhanuddin.

Baca Juga: Terima Penghargaan dari Presiden, Jaksa Agung: Prestasi yang membanggakan

Selain itu, ia mengingatkan, penerapan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Nasional (KUHP) pada tahun 2026 akan memberikan tantangan kepada jaksa mana pun untuk beradaptasi dengan praktik penegakan hukum peraturan baru tersebut.

Oleh karena itu, Burhanuddin berpesan kepada para lulusan PPPJ untuk selalu membela kebenaran, apalagi dalam menghadapi situasi sulit untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

“Mari kita berharap kepada Allah SWT yang selalu membimbing kalian ke arah yang benar dan memberikan ketenangan ketika kalian tengah melakukan kesalahan agar kalian cepat kembali ke jalan yang benar,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top