Hizbullah Konfirmasi Calon Pemimpinnya, Hashem Safieddine, Tewas Diserang Israel

BEIRUT, virprom.com – Hizbullah pada Rabu (23/10/2024) membenarkan calon pemimpinnya, Hashem Safieddine, tewas dalam serangan Israel.

Namun, kelompok Lebanon yang didukung Iran tidak menyebutkan waktu atau tempat serangan yang menewaskan Safeeddine.

Hashem Safieddine merupakan calon pemimpin Hizbullah menggantikan Hassan Nasrallah yang tewas akibat serangan Israel pada 27 September 2024.

Baca juga: Israel Sebut Telah Bunuh Hashem Safieddine, Pemimpin Baru Hizbullah Siap Gantikan Hassan Nasrallah

Pengumuman kematian Safieddine terjadi sehari setelah Israel mengatakan dia terbunuh bersama para pemimpin Hizbullah lainnya dalam serangan udara di pinggiran selatan Beirut tiga minggu lalu.

“Kami mencuci… kepala Dewan Eksekutif Hizbullah, ulama terhormat Sayyed Hashem Safieddine,” kata Hizbullah, menurut kantor berita AFP.

Mereka menambahkan bahwa Safieddine dibunuh bersama dengan anggota Hizbullah lainnya.

Safieddine adalah seorang ulama yang merupakan kerabat Nasrallah. Dia adalah sepupu Nasrallah dan masih muda selama bertahun-tahun, di akhir usia 50-an atau awal 60-an.

Ia diperkirakan menjadi kandidat terkuat untuk memimpin Hizbullah setelah kematian Nasrallah.

Seorang anggota Dewan Syura yang mengatur Hizbullah juga memiliki hubungan dekat dengan Iran, setelah belajar agama di kota suci Qom.

Baca Juga: Israel Sebut Bunuh 3 Pemimpin Hizbullah dan 70 Anggotanya dalam 48 Jam

Putranya menikah dengan putri Jenderal Qasem Soleimani, Komandan pasukan dinas luar negeri Garda Revolusi Iran yang tewas dalam serangan Amerika (AS) di Irak pada tahun 2020.

Dalam pidatonya di pinggiran selatan Beirut pada Juli 2024, Safieddine menyinggung bagaimana Hizbullah menentukan kepemimpinan.

“Dalam perlawanan kami… ketika para pemimpin tumbang, para pemimpin lainnya mengibarkan bendera dan melanjutkan perjalanan dengan tekad, kepastian, dan kekuatan baru,” katanya.

Berbeda dengan Nasrallah yang hidup bersembunyi selama bertahun-tahun, Safieddine akhir-akhir ini sering muncul di acara-acara politik dan keagamaan.

Dia biasanya menunjukkan kerendahan hati, namun baru-baru ini melontarkan pernyataan berapi-api di pemakaman anggota Hizbullah yang tewas dalam satu tahun konflik Israel.

Baca Juga: Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah Meninggal, Hashem Safieddine Kandidat Kuat Penggantinya Dengarkan Berita Terkini dan Pilih Berita Langsung di Ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top