Biaya Layanan Tokopedia Naik, Sekian Besarannya

virprom.com – Platform marketplace Tokopedia telah mengubah besaran biaya layanan yang dibebankan kepada penjual dan tingkat keanggotaan penjual mulai 1 Mei 2024.

Seller Regular Merchant akan menjadi Seller Power Merchant dan biaya layanan akan berubah.

Tarif layanannya bervariasi mulai dari 2 persen hingga 6,5 ​​persen dari harga produk. Kebijakan ini hanya berlaku untuk penjual dengan tingkat keanggotaan PowerMerchant dan PowerMerchant Pro.

Nantinya, besaran service charge yang harus dibayarkan penjual akan bergantung pada kategori dan harga produk yang dijualnya. Untuk produk yang termasuk dalam kategori Grup A, misalnya, akan dikenakan biaya layanan sebesar 6,5 persen untuk setiap produk yang terjual.

Baca juga: TikTok Resmi Akuisisi Tokopedia, Investasi Senilai Rp 23 Triliun

Kemudian, untuk produk dengan kategori Grup A akan dikenakan biaya layanan sebesar 2% per produk yang terjual.

Rincian tarif layanan per kategori grup produk dapat dilihat pada tabel di bawah ini: Grup A: Biaya layanan 6,5% per produk terjual Kategori B: Biaya layanan 5,5% per produk terjual Kategori C: Biaya layanan 4,5% per produk terjual Kategori Grup D : Biaya Layanan 3,1 persen per produk yang terjual Kategori Grup A: Biaya Layanan 2,0 persen per produk yang terjual

Untuk memperjelas hal tersebut, Tokopedia telah memberikan salinan biaya layanan baru yang harus dibayarkan oleh penjual PowerMerchant dan PowerMerchant Pro pada tanggal 1 Mei 2024. Pembuatannya sebagai berikut: no. Jenis Produk Harga Produk (dirasakan konsumen) Biaya layanan Harga akhir produk (pendapatan yang diterima penjual) 1. Rp 50.000 (6,5 persen) Rp 46.750 2. Kamera B ) Rp 200.000 Rp 11.000 (5,5 persen) Rp 189.000 3. Telur (Kelompok ) Kategori C) Rp 60.000 Rp 2.400 (4 persen) Rp 57.600 4. Android (Kategori Grup Rp 1.300 Rp, Rp 130 persen) 96.900 5 Sepeda Motor (Kategori Grup A) Rp 400.000 Rp 8.000 Total pengurangan biaya layanan produk Rp 27.750   Total pendapatan yang diterima oleh penjual 2, Rp 78

Karena biaya layanan untuk setiap kategori produk berbeda-beda, Tokopedia mendorong penjual, terutama yang memiliki tingkat keanggotaan PowerMerchant dan PowerMerchant Pro, untuk memasukkan produk yang dijualnya sesuai kategori tersebut.

Baca Juga: Berapa Tarif Layanan Aplikasi Tokopedia yang Mulai Naik di Bulan Mei?

Hal ini tentunya agar Tokopedia dapat mengenakan biaya layanan yang wajar kepada penjual sesuai kategori produknya, seperti dirangkum KompasTekno untuk Tokopedia.com, Selasa (16/4/2024).

Informasi lengkap mengenai perubahan biaya layanan untuk jenis keanggotaan PowerMerchant dan PowerMerchant Pro, serta detail kategori grup produk yang ditentukan Tokopedia, dapat dilihat pada link di bawah ini. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top