Sudah Berganti Mobil, Jokowi Tiba di Istana Merdeka untuk Sambut Presiden Prabowo

JAKARTA, virprom.com – Presiden ketujuh Joko Widodo tiba di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024) sore.

Pantauan virprom.com, konvoi Jokowi tiba di pintu gerbang Istana Merdeka pada pukul 12.40 WIB.

Ia akan menyambut Presiden ke-8 Prabowo Subianto di Istana Merdeka usai dilantik secara resmi sebagai Presiden baru penggantinya.

Menariknya, mobil yang diusung Jokowi usai peresmian Prabowo ternyata berbeda.

Tadi pagi, saat berkendara menuju Gedung MPR/DPR RI, Jokowi terlihat mengendarai mobil Mercedes Benz berwarna hitam berpelat Indonesia 1.

Sementara saat kembali ke Istana Merdeka, Jokowi mengendarai mobil Alphard berwarna hitam bernomor B 1339 ZZR. Artinya, Jokowi sudah resmi mengundurkan diri sebagai kepala negara hingga tidak lagi menggunakan mobil dinas presiden.

Baca juga: Resmi Jadi Presiden, Prabowo Tukar Kursi dengan Jokowi

Sedangkan pada pukul 14.00 WIB akan ada acara perpisahan antara Jokowi dan Prabowo.

Sebelumnya diberitakan, Minggu (20 Oktober 2024), Prabowo Subianto dan Jibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Usai resmi dilantik dan berjanji menjabat, Prabowo langsung bertukar posisi dengan Joko Widodo yang otomatis menuntaskan tugasnya memimpin Indonesia selama 10 tahun.

Rupanya, Jokowi mempersilakan Prabowo untuk menggantikan posisinya dan mereka kemudian kembali duduk bersebelahan di Ruang I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Kemudian Jibran pun bertukar tempat dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mereka pun terlihat duduk bersebelahan saat upacara pelantikan.

Baca Juga: Prabowo dan Menteri Kabinet Indonesia akan Membebaskan Jokowi di Lanud Halim

Diketahui, tepatnya pukul 10.30 WIB, Prabowo Subianto yang mengenakan jas beskap Betawi berwarna biru tua berdiri kokoh di hadapan Pimpinan MPR RI.

Suasana di dalam ruangan menjadi semakin sunyi. Semua perhatian terfokus pada veteran militer, yang saat ini sedang mencapai puncak tertinggi dalam karir politiknya.

Prabowo, yang telah berkecimpung di dunia politik selama lebih dari dua puluh tahun, menghadapi surat di hadapannya dengan sumpah dan janji untuk menjabat.

“Aku bersumpah demi Allah. Saya akan menunaikan tugas saya sebagai Presiden RI,” kata Prabowo dengan suara dalam dan tegas, Minggu (20 Oktober 2024).

Setiap kata yang keluar dari mulutnya terdengar jelas dan bergema ke seluruh ruang sidang paripurna. Ekspresi wajahnya tidak berubah, dia terlihat serius dan penuh tanggung jawab. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top