Menlu AS Antony Blinken Tiba di Israel, Bahas Gencatan Senjata Perang Gaza

GAZA, virprom.com – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Israel pada Selasa (22 Oktober 2024) untuk membahas gencatan senjata perang Gaza.

Kunjungan Blinken terjadi setelah Israel membunuh pemimpin Hamas Yahya Shinwar, tepat dua minggu sebelum pemilihan presiden AS 2024.

Menteri Luar Negeri AS dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan kemudian berangkat ke Yordania pada Rabu (23 Oktober 2024) dengan pemberhentian lain, menurut wartawan AFP yang melakukan perjalanan bersama Blinken.

BACA JUGA: Orang Kaya Israel Tawarkan Hadiah untuk Pembebasan Sandera Gaza. Inilah reaksi rakyat Palestina

Seorang pejabat senior AS mengatakan Blinken juga mendiskusikan pembalasan atas serangan Iran dengan pejabat senior Israel.

AS, yang telah mengerahkan sistem pertahanan rudal canggih THAAD ke Israel, memperkirakan sekutunya akan menyerang Iran namun berharap konflik regional tidak akan meningkat.

Pada saat yang sama, Presiden AS Joe Biden mengharapkan peluang baru untuk mengakhiri perang di Gaza yang telah berlangsung lebih dari setahun.

Namun para pejabat di Negeri Paman Sam merasa kecil kemungkinan terjadinya gencatan senjata selama kunjungan Blinken. Apalagi Hamas belum menunjuk pemimpin baru.

Baca juga: Kilas Balik Perlawanan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar. Kematian Yahya Sinwar: Pukulan telak bagi Hamas, namun perang belum usai.

Blinken juga disebut-sebut sedang mendiskusikan upaya militer melawan Hizbullah di Lebanon dengan Israel.

Serangan Israel kini telah diperluas untuk menargetkan sasaran keuangan yang terkait dengan kelompok yang didukung Iran.

Amerika Serikat belum menandatangani gencatan senjata di Lebanon, namun mengharapkan solusi diplomatik yang dapat mengakhiri pertempuran dan menyelamatkan warga sipil.

BACA JUGA: Dengarkan laporan yang saling bertentangan tentang kematian pemimpin Hamas Yahya Sinwar langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top