Penyebab Kerusakan Busi Motor yang Sering Diabaikan

Jakarta, virprom.com – Kegagalan mesin pembakaran bisa menjadi masalah umum yang sering dihadapi pengemudi. Meski ukurannya kecil, busi berperan penting dalam sistem pembakaran mesin Anda dan berdampak langsung pada performa kendaraan Anda.

Banyak pengemudi yang mengabaikan kondisi busi, padahal bagian ini memerlukan perawatan khusus agar tidak cepat aus dan menurunkan performa mesin.

Menurut Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, ada banyak penyebab lampu sepeda motor cepat rusak atau mati.

Baca juga: Kebiasaan Berkendara Bisa Merusak Transmisi Mobil Anda

“Pertama, gantungan kunci yang terpasang tidak akan masuk dengan baik ke dalam lubangnya. Hal ini akan merusak kabel, membuat bohlam tidak dapat dipasang dengan benar, dan kurang kuat. Hal ini dapat menyebabkan motor padam atau menimbulkan kebakaran. Harap cepat mati agar Anda jangan sampai terjatuh,” kata Wahyu kepada virprom.com, Senin (26 Agustus 2024).

Selain itu, Wahyu juga menyebut kebocoran dan kompresi mesin menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan busi.

“Mesin terus dikuras dan dikompresi, yang secara signifikan mengurangi tekanan di dalam ruang bakar,” lanjutnya.

Jika tekanan di dalam ruang bakar tidak baik maka sistem pengumpulan api tidak akan sempurna sehingga api harus bekerja lebih keras dan akhirnya membesar.

Wahyu menambahkan: “Hal ini juga dapat menyebabkan korsleting pada koil pengapian sehingga dapat merusak kinerja mesin.”

Korsleting ini biasanya disebabkan oleh pemasangan kabel yang tidak tepat atau kualitas kabel USB yang buruk sehingga mengakibatkan listrik tidak stabil dan kerusakan pada colokan listrik.

Baca juga: Manfaat Stempel Surat Izin Mengemudi dan Tilang Bagi Pelanggar Lalu Lintas

Selain itu, pemilihan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat menyebabkan kerusakan bahan bakar secara dini.

Wahyu menyarankan agar pengemudi selalu memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan sesuai rekomendasi pabrikan untuk memastikan kondisi busi tetap baik. Dengarkan beberapa Injil dan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com (https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D). Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top