Cara Mengetahui Tubuh Dehidrasi, Termasuk Pantau Urine

virprom.com – Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat membuat tubuh tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Karena tidak mempan, orang yang dehidrasi bisa mengalami gangguan kesehatan seperti demam, pusing, kram otot, dan kejang.

Sebagai tindakan pencegahan dan menghindari risiko fatal, simak cara mendeteksi dehidrasi berikut ini.

Baca juga: Tips Mencegah Dehidrasi dan Heat Stroke di Cuaca Panas Bagaimana Cara Mengetahui Tubuh Anda Dehidrasi?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Metallia puspitasari, sp. PD-KGH menjelaskan beberapa cara untuk mendiagnosis dehidrasi, termasuk memantau frekuensi dan volume urin.

Menurut Metalia, tanda awal dehidrasi adalah berkurangnya frekuensi buang air kecil atau jarang buang air kecil.

Padahal, biasanya buang air kecil terjadi sekitar setengah jam setelah minum.

Cara mengetahui tubuh dehidrasi selanjutnya adalah dengan memantau warna urine.

“Kalau kurang cairan, warnanya jadi kuning tua. Sedangkan kalau hidrasinya bagus, misalnya, warnanya cerah,” kata Metalia, Antara, Selasa (5 Juli). 2024)

Kemudian bagi yang haus juga sebaiknya segera minum, karena ini merupakan sinyal tubuh untuk mengatasi kekurangan cairan.

“Rasa haus sebaiknya tidak dianggap remeh, karena misalnya rasa haus tidak diimbangi dengan minum yang cukup maka terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh yang semakin parah,” ujar dokter praktik RS Sardjito ini.

“Mungkin secara umum kita bisa menggunakan skala berapa banyak kita minum dalam 24 jam, yaitu sekitar 30cc per kilogram berat badan. Jadi misalnya berat badan sekitar 50kg, maka bisa menggunakan skala itu. Sekitar 30cc dikalikan 50kg, jadi sekitar 1.500cc 24 per jam.” Dia menambahkan.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Tubuh Dehidrasi?

Kemudian, jika dehidrasi mencapai tingkat yang parah, dehidrasi ditandai dengan peningkatan detak jantung dan penurunan tekanan darah. Dehidrasi juga dapat mencegah air mata.

Sementara itu, pada anak-anak, dehidrasi parah dapat menurunkan turgor atau elastisitas kulit. Jika kulit diregangkan, maka sulit untuk kembali ke bentuk semula. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top