Jokowi Yakin Indonesia Jadi Negara “Superpower” asalkan Tidak Ikut Tren Dunia

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Indonesia bisa menjadi negara adidaya atau negara adidaya ekonomi jika berani mengambil jalannya sendiri tanpa harus mengikuti tren dunia.

Pak Jokowi mengatakan Indonesia mempunyai kelebihan yang berbeda dengan negara lain.

“Negara kita Indonesia harus berani memilih jalan kita. Jangan mengikuti tren global yang terkadang membawa kita pada persaingan yang sulit, karena kita punya inti, kemampuan, dan kekuatan masing-masing,” kata Jokowi. Acara BNI Investor Daily di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Ia menambahkan: “Jika kita fokus, jika kita menyelesaikan rencana taktis kita, strategi taktis kita, saya yakin, seperti yang saya katakan sebelumnya, kita akan menjadi abad Asia dan negara adidaya kita,” tambahnya.

Baca selengkapnya: Jokowi: Negara Adidaya Ekonomi Baru Indonesia di Asia

Pak Jokowi mengatakan pertumbuhan ekonomi telah bergeser dari negara-negara Barat ke Asia dan Indonesia termasuk salah satu negara yang akan menjadi kekuatan ekonomi baru.

Pak Jokowi mengatakan bahwa “tiga negara adidaya ekonomi diharapkan: India, Tiongkok, dan Indonesia.”

Oleh karena itu, ia menyerukan untuk menjaga harapan menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi.

Namun, Pak Jokowi mengingatkan Indonesia untuk berhati-hati karena akan banyak tantangan untuk menjadi negara adidaya di bidang perekonomian.

Baca Juga: Memasuki Abad Asia, Jokowi Sebut Indonesia Jadi Negara Ekonomi Besar Baru

Saya kira kita semua tahu tantangan ke depan, perkiraan perlambatan ekonomi global masih di level rata-rata 2,7, 2,8 persen. Kita patut bergembira karena Indonesia masih tumbuh di angka 5 persen, kata Jokowi.

Ia menambahkan, ketegangan geopolitik pasca perang antara Rusia dan Ukraina serta Israel dan Palestina akan menjadi tantangan lainnya.

“Tambahkan Israel-Lebanon, tambahkan Iran dan Israel. Ketidakpastian perekonomian global semakin tidak bisa dipahami,” kata mantan Wali Kota DKI Jakarta ini. Dengarkan berita terkini dan sorotan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top