Prabowo Jadi Presiden Indonesia, Biden: AS Siap Perkuat Kemitraan Strategis Komprehensif

Washington, DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyambut kedatangan Prabowo Subianto sebagai presiden baru Indonesia pada Minggu (20/10/2024).

Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia, dan atas hak memilih serta suara yang diberikannya kepada masyarakat Indonesia, kata Biden dalam keterangan dari Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Biden juga mengatakan dia berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Prabowo untuk memperkuat kemitraan strategis mereka di tengah perayaan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara oleh Wakil Presiden Kamala Harris.

Baca Juga: Menlu Saudi Hadiri Pengambilan Sumpah Prabowo, Kirim Pesan Raja Salman

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 pada Sidang Umum MPR RI di Aula Nusantara, Kompleks Konferensi, Jakarta. Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan upacara pengambilan sumpah tersebut. Rapat Umum MPR RI juga dihadiri oleh pihak swasta dan pimpinan partai politik.

Sekitar 35 perwakilan negara sahabat menghadiri upacara pembukaan sekitar pukul 09:00 WIB-10:00 WIB.

Presiden Joe Biden mengutus Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield untuk menghadiri upacara pengambilan sumpah.

Delegasi Amerika termasuk Laksamana Samuel Paparo, kepala Komando Indo-Pasifik AS.

Sebelumnya, Prabowo mendapat pujian dari beberapa pemimpin negara lain.

Baca juga: Presiden Prabowo Indonesia, Perdana Menteri Anthony Albanese: Australia siap perkuat kerja sama Presiden Prabowo Indonesia, Perdana Menteri Anwar Ibrahim: Malaysia siap bangun persatuan Prabowo Indonesia Presiden Xi Jinping: China siap menjaga hubungan erat.

Inilah Presiden China Xi Jinping yang juga ingin bertemu dengan presiden kedelapan Indonesia tersebut.

“Tiongkok dan Indonesia adalah mitra persahabatan yang sama, dan kedua negara terus mencapai kemajuan dan memasuki fase baru dalam membangun masa depan yang lebih baik,” kata Xi.

  Nantikan berita dan pembaruan terkini kami di perangkat seluler Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top