Counterpoint: Pasar Smartphone Tumbuh pada Kuartal III-2024, Samsung Teratas

virprom.com – Pasar ponsel global akan tumbuh pada kuartal III (Juli-September) 2024. Pada periode tersebut, penjualan ponsel di dunia (lulus) sebesar 2 persen dibandingkan kuartal III 2023 ( tahun demi tahun), menurut Counterpoint Research.

Counterpoint mengatakan angka ini mewakili empat kuartal berturut-turut, yang menunjukkan bahwa pasar ponsel pintar mulai pulih.

Pada kuartal ketiga tahun 2024, Samsung akan terus menjadi pemimpin pasar global, disusul Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Direktur Counterpoint Research Tarun Pathak mengatakan Samsung mempertahankan posisinya karena permintaan yang terus berlanjut terhadap seri Galaxy A dan kinerja seri S24. Namun, menurut Pathak, perangkat lipat Samsung mendapat sambutan hangat.

Apple di posisi kedua menguasai 16 persen pasar. Pathak mengatakan Apple menjadi merek terbesar di dunia pada September berkat peluncuran iPhone 16. Meski begitu, penjualan seri iPhone 16 tetap stabil dan pada akhirnya Apple menempati posisi kedua.

Xiaomi berada di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 14 persen. Pathak mengatakan Xiaomi melanjutkan pertumbuhannya yang kuat dan tumbuh 8 persen tahun ke tahun. Xiaomi menduduki peringkat kedua pada bulan Agustus.

Baca Juga: Top 5 Global Marketer di Q3 2024 Menurut Canalys, Top Samsung

Oppo dan Vivo melengkapi lima besar vendor smartphone dunia pada Q3 2024 dengan pangsa pasar 9 persen.

Meski performanya rendah, Vivo menjadi satu-satunya vendor yang tumbuh paling cepat dibandingkan empat vendor lainnya. Antara Juli dan September 2024, Vivo mencatatkan pertumbuhan sebesar 10% YoY.

Selain lima vendor teratas, Counterpoint juga mengalami pertumbuhan pesat dari sumber lain, kata Pathak. Misalnya, Huawei dan Motorola tumbuh sekitar 30 persen per tahun. Motorola dan Google juga mencatat penjualan tertinggi mereka untuk kuartal ketiga.

Berikut daftar vendor ponsel teratas dunia pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2024, menurut Counterpoint Research, per Senin (21/10/2024). 5 Produsen Ponsel Pintar Teratas Pangsa Pasar Q3 2024 Pangsa Pasar Q3 2023 Pertumbuhan Tahunan Samsung 19 persen 20 persen <1 persen Apple 16 persen 16 persen 1 persen Xiaomi 14 persen 13 persen 8 persen Oppo 9 persen 9 persen -3 persen Vivo 9 persen 8 persen 10 persen Lainnya 34 persen 34 persen 3 persen Total 100 persen 100 persen 2 persen

Counterpoint menampilkan data berdasarkan volume penjualan. Jika Sell-In adalah jumlah pasokan dari produsen ke penjual, maka Sell-out adalah jumlah penjualan dari penjual ke pembeli, Selling adalah jumlah yang mencakup seluruh proses. Artinya sama dengan jumlah penjualan pada data penjualan.

Baca Juga: Top 10 Ponsel Terlaris di Dunia Tahun 2023 Versi Counterpoint Dengarkan berita terkini dan pilihan berita terbaik kami di ponsel Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top