Bawaslu Minta Panwaslu Tegas dan Berani Tegakkan Aturan Pilkada 2024

JAKARTA, virprom.com – Anggota Komisi Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Totok Hariyono menegaskan, pemerhati pemilu Pilkada (Panwaslu) 2024 di seluruh tingkatan harus kuat dan berani menaati hukum.

“Karena yang kami lakukan ini berdasarkan sistem hukum. Selain itu, ini kesempatan kami untuk memberikan informasi kepada masyarakat terpilih di daerah tentang hukum dan etika,” kata Totok dalam keterangan yang diterima di Jakarta, seperti dikutip Antara, Minggu. (6/10/2024).

Totok juga mengimbau Panwaslu di desa, pemerintah daerah, kecamatan, kecamatan bahkan pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) berani dan tidak berhenti menaati aturan selama Pilkada.

Ia menegaskan, keberanian bertindak akan menjadi suatu hal yang patut dibanggakan.

Baca Juga: Bawaslu Jabar Umumkan Kampanye Pemilu Adil, 2 Kandidat Gagal Melaksanakan.

Meski demikian, Totok mengingatkan agar penerapan undang-undang tetap memperhatikan kearifan lokal di masing-masing daerah. Ia juga mengatakan, pengurus sementara akan bekerja sama dengan Pak Bawaslu jika ada masalah.

“Jika ada permasalahan, segera bantu Bawaslu dengan cara yang tepat. Misalnya pemerintah kabupaten bisa bekerja sama dengan Bawaslu kabupaten atau kota,” kata Totok.

Baca Juga: Bawaslu Serang Sebut Ratu Zakiyah Soal Ekonomi Politik

Selain itu, ia juga meminta para penasihat tersebut untuk bekerja sama dengan pihak lain seperti pihak kepolisian atau aparat terkait, terutama ketika menghadapi kekerasan seperti alat kampanye yang belum diberikan undang-undang atau kampanye hingga malam hari. Dengarkan berita dan cerita yang kami pilih langsung di ponsel Anda. Pilih metode pilihan Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top