Fujitsu Rilis Laptop Ringan, Bobotnya Hanya Seberat iPad

virprom.com – Perusahaan teknologi Jepang Fujitsu pada pekan ini meluncurkan laptop terbarunya yang diberi nama FMV Zero WU5/J3. 

Produk ini merupakan laptop paling ringan di dunia dengan bobot 634g, lebih ringan dibandingkan pendahulunya, Fujitsu Lifebook WC1/H3 yang berbobot 689g.

Laptop terbaru Fujitsu ini dua kali lebih ringan dari Macbook Air M3 yang berbobot 1,24 kg, dan hampir sama beratnya dengan iPad Air Pro 13 inci (2024) yang berbobot sekitar 579 gram. 

Menurut Fujitsu, bobot laptop ini diminimalkan berkat lapisan belakang berbahan serat karbon. Bahan ini dikenal lebih ringan dibandingkan alumunium atau polikarbonat.

 

Selain itu, Fujitsu mengatakan telah mengurangi bobot beberapa komponen utama laptop, termasuk panel LCD, baterai, serta pipa dan pelat sistem pendingin. 

Baca Juga: Asus TUF Gaming A16 Resmi di Indonesia, Laptop Gaming Ramah AI

Meski ringan, namun spesifikasi Fujitsu FMV WU5/J3 bisa dibilang cukup unggul. Laptop berukuran 14 inci ini ditenagai prosesor (CPU) Intel “Meteor Lake” terbaru yakni seri Intel Core Ultra 100.

Ada dua model yang dapat dipilih: Intel Core Ultra 5 125U (12 core, 14 thread, kecepatan clock hingga 4,3 GHz) dan Intel Core Ultra 7 155U (12 core, 14 thread, kecepatan clock hingga 4,8 GHz). 

Dilengkapi dengan chip kecerdasan buatan (AI) atau neural processoring unit (NPU), prosesor ini dapat dipadukan dengan RAM hingga 64GB serta media penyimpanan SSD hingga 2TB. 

Fujitsu belum membeberkan kapasitas baterai laptop ini. Namun mereka mengklaim laptop ini memiliki waktu pemutaran video hingga 6 jam dan daya tahan standby hingga 15 jam.

Baca Juga: Laptop Lenovo Legion Pro 7i dan 5i yang diluncurkan di Indonesia pakai unit pendingin baru

Fitur lain yang didukung laptop ini antara lain sertifikasi uji ketahanan militer AS MIL-STD-810H yang menjamin ketahanan laptop, berbagai fitur AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna, sistem operasi Windows 11 Pro, dll.

Di pasar Jepang, Fijutsi FMV Zero WU5/J3 dijual dengan harga 197.900 yen atau setara Rp 20,4 juta, seperti dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Senin (21 Oktober 2024). 

Belum diketahui apakah laptop yang disebut-sebut paling ringan di dunia itu akan dibawa ke Indonesia. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top