Profil Taufik Hidayat, Legenda Bulu Tangkis yang Jadi Wakil Menpora RI

virprom.com – Legenda hidup bulutangkis Indonesia Taufik Hidayat diangkat menjadi Wakil Menteri Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada tahun 2024 hingga 2029.

Nama Tawfik Hidayat dibacakan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto dalam pengumuman kepada para menteri dan perwakilan Kabinet Merah Putih di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Bimbingan Taufik akan kembali mendukung Ditto Arioteja yang dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga.

Sebelumnya, Tawfiq Hidayat memiliki pengalaman bekerja di Kementerian Pemuda dan Olahraga pada tahun 2016-2018.

Baca Juga: Profil Dita Arioteja, Menpora di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Saat itu, ia bekerja sebagai staf khusus di bidang komunikasi dan kemitraan.

“Saya diminta membantu di kabinet (Presiden Prabow), dan itu cocok dengan bidang saya.”

“Siapa aku?

Ya, Taufiq Hidayat memang terkenal sebagai atlet Bulutangkis. Pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1981, mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di Olimpiade Athena 2004.

Baca Juga: Bahrain Takut Bentrok Timnas Indonesia di Jakarta, Menpora Pastikan Keamanan

Pada final bulu tangkis tunggal putra Olimpiade 2004, Taufik Hidayat mengalahkan unggulan ketujuh Sean Seung-mo dari Korea.

Saya tidak bisa tidur sebelum lomba, saya hanya tidur dua sampai tiga jam, kata Taufik dalam wawancara dengan situs resmi Olimpiade. 

“Peluang terakhir meraih medali emas datang dari Bulutangkis,” kenang Tawfiq Yudayat dalam perjalanannya meraih medali emas pada tahun 2004. Saya berbicara dengan pelatih sebelum final dan saya berkata pada diri sendiri, ‘Sekarang atau tidak sama sekali.’ Ini adalah kesempatan terakhir.’ Olimpiade.

Selain emas Olimpiade 2024, Taufik Yidaya juga membanggakan dua medali emas di Asian Games 2002 dan 2006, serta Kejuaraan Dunia 2005.

Dalam 25 tahun karir bulu tangkisnya, Taufik Hidayat telah memenangkan enam gelar Indonesia Open pada tahun 1999, 2000, 2002, 2003, 2004 dan 2006.

Baca Juga: Anthony Ginting Kalah, Tunggu Terus Penerus Taufik Hidayat

Taufik mampu menyamai prestasi legenda tunggal putra Indonesia Ardi B Wiranatha.

Taufik Hidayat, Ardy B. Wiranata, dan Lee Chong Wei (Malaysia) merupakan anggota grup elite yang masih memegang rekor gelar tunggal putra tersukses di Indonesia Open dengan enam gelar.

Taufik Hidayat yang membawa Indonesia menjuarai Piala Thomas pada tahun 2000 dan 2002 kemudian memutuskan gantung raket pada tahun 2013 di usia 32 tahun.

Pria yang mengawali karir Bulutangkis di Klub SGS Elektrik Bandung ini pensiun dari olahraga tersebut hingga menjadi Wakil Presiden Program Implementasi Indonesia Emas (Satlak Prima) pada tahun 2016-2017.

Tawfiq Hidayat memasuki dunia politik pada tahun 2018 dengan bergabung di jajaran Partai Demokrat. 

Taufik Hidayat terpilih menjadi anggota DPR Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II dari Partai Gerendra pada pemilu 2024. Dapatkan berita dan pembaruan terkini di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top