Tingkatkan Ketahanan Air di Jateng dan Jabar, ADHI dan Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Leuwikeris

virprom.com – PT Adhi Karya (Persero) Tbk atau ADHI bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Leuwikeris serta renovasi dan renovasi kawasan irigasi Manganti, Provinsi Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kamis (29 8 / 2024). ).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal (Dirut) ADHI Entus Asnawi Mukhson, Direktur Utama Waskita Karya, Direktur PP, beserta pejabat Pemda Jabar turut hadir dalam konferensi ini. Pemprov), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis dan Pemkab Tasikmalaya.

Bendungan Leuwikeris terletak di antara wilayah Ciamis dan Tasikmalaya dan merupakan bendungan dengan debit air tertinggi.

Kami berharap dengan adanya bendungan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para petani di sekitarnya.

Baca juga: Jokowi Buka Bendungan Leuwikeris Rp 3,5 Triliun di Tasikmalaya

Luas bendungan ini adalah 243 hektar dengan volume atau daya tampung 81 juta meter kubik (m3). Bendungan ini bekerja dengan memanfaatkan air Sungai Citanduy secara maksimal.

Bendungan Leuwikeris berfungsi sebagai sumber air baku irigasi pada areal irigasi seluas 11.200 hektar.

Selain itu, juga merupakan tempat mitigasi banjir 25 tahun dengan volume 509,7 m3 per detik hingga 450,2 m3 per detik, serta pembangkit listrik tenaga air (PLTA) berkapasitas 2×10 megawatt (MW). .

Tak hanya itu, bendungan ini mampu menyuplai air sebanyak 845 liter per detik untuk kebutuhan rumah tangga di Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap.

Baca Juga: Bendungan Leuwikeris Dibuka Jokowi, PTPP Garap Proyek Rp 1,61 Triliun 

Harapannya, Bendungan Leuwikeris dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena dapat dijadikan destinasi wisata.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tak heran jika Bendungan Leuwikeris dianggap sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun ADHI.

Tujuan utama pembangunan PSN adalah untuk mencapai tujuan Nawacita khususnya dalam hal ketahanan air dan pangan nasional.

ADHI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi berkeinginan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar masyarakat mendapat manfaatnya.

Baca Juga: Telan Anggaran Termahal di Masa Jokowi, Bendungan Leuwikeris Punya Banyak Keunggulan. Lihat berita terbaru dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top