Modifikasi Cuaca Akan Dilakukan untuk Kurangi Intensitas Hujan di Sumbar

JAKARTA, virprom.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) akan melakukan operasi teknologi modifikasi iklim (TMC) di wilayah Sumatera Barat.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, tindakan TMC ini dilakukan untuk meredam intensitas hujan yang masih berpeluang turun di wilayah Sumbar.

Hujan deras ini juga menyebabkan banjir.

“Kami tidak ingin proses persiapan ini kembali terganggu. Akibat hujan dan cuaca buruk Hal ini menimbulkan akibat yang sangat buruk,” kata Suhayanto dalam keterangan resmi, Rabu (15/04/2024).

Baca Juga: Korban Banjir Sumbar Hingga 15 Mei, 58 Meninggal, 35 Hilang

Menurut Suharyanto, operasi TMC dilakukan dengan pesawat TNI. Ia berharap tidak ada hujan di wilayah Sumbar selama sepekan ke depan.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya sedang menghitung jumlah tur yang dibutuhkan untuk mengendalikan hujan di Sumbar pada pekan depan.

“Penyortiran bergantung pada pertumbuhan cloud. Biasanya kita bisa mencapai 4 atau 11 tipe, tapi tidak selalu tergantung pertumbuhan cloud. “Tetapi pesawatnya akan kami siapkan paling lambat tanggal 22 Mei 2024,” kata Dwikorita.

Banjir dan longsor melanda sejumlah wilayah di Sumbar pada Sabtu (11/5/2024) dan Minggu (12/5/2024).

Baca selengkapnya: BMKG: Hujan Deras Sebabkan Banjir Lahar di Sumbar Perkiraan untuk minggu depan

Bencana tersebut disebabkan oleh hujan lebat dan meluapnya sungai. Kebanyakan berasal dari Gunung Marapi.

Banjir tersebut diperparah dengan adanya pengangkutan material vulkanik dari Gunung Marapi melalui sungai. akibat hujan deras yang turun di sekitar puncak gunung

“Saat itu hujan deras di sekitar. Puncak gunung menyebabkan material vulkanik berjatuhan. Itu berubah menjadi lahar dingin,” kata Abdul Muhari, Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top