Menlu Retno Sebut Belum Temukan Indikasi Geng Pekerja WNI di Osaka

JAKARTA, virprom.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pihaknya belum memiliki indikasi keberadaan kelompok pekerja berkewarganegaraan Indonesia (WNI) di Jepang.

Hal itu diketahui setelah video Mengani viral di media sosial usai berkomunikasi dengan Konjen RI (Konsul Jenderal) John Tjajanto Bostami di Osaka.

“Dari komunikasi kami dengan Konjen di Osaka, kata dia, masih belum ada indikasi adanya komunitas pekerja migran Indonesia atau pekerja magang yang membentuk kelompok WNI di Jepang,” kata Retno. 05/09/2024).

Meski demikian, dia tidak memungkiri masih banyak pekerja migran Indonesia yang kerap berkumpul di berbagai wilayah kota dalam batas wajar di waktu senggang.

Baca juga: KJRI Osaka masih selidiki keaslian video kelompok masyarakat Indonesia di Jepang

“WNI dalam jumlah besar berkumpul di kawasan Dotonburi dan Namba Osaka, biasanya pada hari libur atau akhir pekan,” kata Konjen.

Ia juga mengatakan Konjen RI di Osaka, John Tjajanto Bostami, membenarkan keaslian video viral tersebut.

Ia mengatakan, Konjen saat ini sedang melakukan pengecekan apakah video yang beredar itu benar atau editan.

Selain itu, kata dia, Konjen RI di Osaka telah melakukan komunikasi dengan masyarakat Indonesia di wilayah tersebut untuk menghimbau WNI lainnya agar mematuhi peraturan setempat.

“Konjen keluar dan menghubungi masyarakat Indonesia untuk mengingatkan kita bahwa kita berada di posisi orang lain dan kita harus mengikuti peraturan setempat,” ujarnya.

Baca juga: Menlu: WNI Tidak Ditemukan Bentuk Geng di Jepang

Tak lama setelah video tersebut viral di media sosial, Retno mengatakan pihaknya menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka (KJRI Osaka). ).

“Sebenarnya Konsul Jenderal kami di Osaka yang melaporkan lebih dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar beberapa video di media sosial yang memperlihatkan sekelompok anak muda yang diduga warga negara Indonesia berpakaian serba hitam dan berkumpul di jalanan kawasan Namba di Osaka.

Video lainnya memperlihatkan seorang pria berjaket hitam, bertopeng, dan berkacamata mengacungkan sabit dan dua pemuda lainnya bersepeda sambil memegang bendera, dinilai meresahkan warga sekitar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top