Menlu Inggris Ingin Perdalam Kerja Sama Keamanan dengan Indonesia dan Korea Selatan

LONDON, virprom.com – Menteri Luar Negeri David Lamy akan berupaya memperdalam kerja sama keamanan Inggris dengan Indonesia dan Korea Selatan dalam kunjungannya ke kedua negara Asia tersebut.

Beberapa hari sebelum kunjungannya ke Korea Selatan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Korea Utara bersiap mengirimkan 10.000 tentara untuk membantu upaya perang Moskow.

Ketegangan di semenanjung Korea juga meningkat sejak Korea Utara yang mempunyai senjata nuklir melakukan serangkaian uji coba rudal tahun ini.

Baca juga: Pembuat konten asal Inggris meninggal setelah jatuh dari jembatan di Spanyol

“Mitra Korea Selatan kami mendukung kami untuk membela Ukraina dan berupaya menjaga stabilitas regional di Semenanjung Korea,” kata Lamy dalam pernyataan yang dikeluarkan kantornya, Minggu (20 Oktober 2024).

Reuters mengutip pernyataannya: “Ini adalah pengingat nyata akan keterkaitan konflik, dimana Korea Utara mendukung Rusia dan memperpanjang konflik di perbatasan Eropa, sementara program senjata pemusnah massal ilegal mengancam keamanan regional.”

Lamy, yang terpilih setelah kemenangan besar Partai Buruh pada bulan Juli, juga baru-baru ini mengunjungi Tiongkok.

Di sana ia menjanjikan “konsistensi” dalam kebijakan Inggris terhadap Tiongkok dan menyebut pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi “konstruktif”.

Baca juga: Cucu Nelson Mandela menolak masuk ke Inggris karena mendukung Palestina Penjualan global berlipat ganda dan toko hewan peliharaan elektronik pertama di Inggris dibuka karena layanan kesehatan Inggris tampaknya masih menggunakan pager

Sementara itu, Lamy dijadwalkan mengunjungi Jakarta pada Minggu pekan ini untuk menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden kedelapan Indonesia.​

Reuters menyatakan bahwa kunjungan Lamy bertujuan untuk lebih memperkuat kerja sama keamanan Inggris dengan Korea Selatan dan Indonesia – kedua negara adalah bagian dari kelompok ekonomi utama G20.

Di Korea Selatan, Lamy juga diperkirakan akan mengunjungi Zona Demiliterisasi yang dijaga ketat.

Dengarkan berita terkini dan pilihan utama kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top