Pemindahan ASN ke IKN Dikaji Ulang, Jokowi: Tidak Segampang yang Dibayangkan

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengatakan rencana pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) tidak semudah yang dibayangkan.

Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi keputusan pemerintah mengkaji ulang rencana mutasi ASN ke IKN pada September 2024.

“IKN itu pekerjaan yang sangat besar. Jadi tidak semudah yang kita bayangkan untuk bergerak, untuk segera bergerak,” kata Jokowi Sidoarjo, Jumat (6/9/2024), seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, rencana relokasi ASN harus fokus pada kesiapan rumah dan apartemen yang ingin ditempati, serta instalasi dasar seperti air dan listrik.

“Kalau apartemennya sudah siap, airnya juga sudah siap, listriknya juga sudah siap. Semuanya,” ucapnya.

Baca juga: Pemerintah Pertimbangkan Pengalihan ASN ke IKN Bulan Ini

Jokowi juga mengakui pemerintah harus memperhatikan kesiapan infrastruktur karena ada infrastruktur yang masih dikerjakan sementara ada yang sudah siap.

Mantan Wali Kota Solo ini juga akan mengunjungi IKN untuk mengkoordinasikan rencana pengembangan IKN sesuai tujuan dengan pimpinan lembaga IKN dan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono.

“Perlu kita bangun ekosistem yang besar, yang kita harapkan ada interaksi nyata antar masyarakat, antar masyarakat yang tinggal di IKN, masyarakat yang benar-benar dinamis yang tumbuh dari perekonomian, sosial dan budaya.” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta agar pertanyaan mengenai keamanan kepindahan ASN ke jadwal IKN disampaikan langsung kepada Basuki.

“(Saat) ditanya apakah masalah teknisnya ke Ketua OIKN, Pak Basuki bersama saya,” kata Jokowi.

Baca juga: Akses Investor Singapura ke IKN, Gedung Panel Surya dan Pendidikan

Diberitakan sebelumnya, pemerintah sedang mempertimbangkan rencana pemindahan ASN ke IKN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi baru terkait rencana tersebut.

Soal mutasi ASN ke IKN, sebenarnya pada September tahun ini sudah ada beberapa residen yang siap untuk transfer ASN bertahap. Namun arahan Presiden harus diperbaiki, perkantoran dan sistem digital, kata Anas dalam acara Presidensial. Kompleks Istana, Jakarta, Selasa. (3/9/2024).

“Dia punya arahan terkini, tidak menunggu perbaikan infrastruktur digital dan sebagainya. Karena ketika ASN pindah ke IKN, bukan hanya pindah kantor saja, tapi mengubah budaya digital, agar infrastruktur digital lengkap, dan sebagainya. , “katanya. Dengarkan berita terkini dan baca berita kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top