Apa Tanda-tanda Hiperglikemia pada Penderita Diabetes?

virprom.com – Hiperglikemia adalah sebutan untuk kadar gula darah sangat tinggi yang biasa diderita oleh penderita diabetes.

Penting untuk mengenali gejala hiperglikemia agar bisa segera diobati.

Mayo Clinic mencatat bahwa hiperglikemia yang menetap, meski tidak serius, dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang memengaruhi mata, ginjal, saraf, dan jantung.

Hiperglikemia berat memerlukan penanganan segera, termasuk koma diabetikum.

Selanjutnya artikel ini akan memaparkan gejala gula darah tinggi yang perlu diketahui penderita diabetes agar terhindar dari masalah tersebut.

Baca juga: 10 Tanda Peringatan Gula Darah Rendah, Gejala Diabetes Hiperglikemia pada Penderita Diabetes Patut Diwaspadai.

Gejala hiperglikemia berkembang secara bertahap selama beberapa hari atau minggu. Semakin tinggi kadar gula darah, semakin parah gejalanya.

Merujuk pada Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), tingginya kadar gula pada penderita diabetes bisa mencapai lebih dari 300 mg/dl.

Pada awalnya, gejala hiperglikemia pada penderita diabetes mungkin antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Mayo Clinic: Lebih sering buang air kecil Merasa sangat mudah haus Penglihatan kabur Merasa lemah atau sangat lelah.

Gejala di atas menjelaskan jika kadar gula darah tetap tinggi tanpa pengobatan. Pada tahap ini, penderita diabetes mengalami ketoasidosis.

Ketoasidosis adalah suatu kondisi di mana sejumlah keton beracun menumpuk di dalam darah dan urin.

Baca juga: Apa Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabetes? Ini adalah ulasan…

Gejala hiperglikemia lanjut antara lain: Napas buah Mulut kering Sakit perut Mual dan muntah Sesak napas Kehilangan kesadaran.

Jika Anda mengalami diare atau muntah terus-menerus dan tidak dapat menelan makanan atau cairan, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Beberapa orang yang sudah lama mengidap diabetes tipe 2 mungkin tidak menunjukkan gejala hiperglikemia apa pun, meski kadar gula darahnya tinggi.

Untuk mencegah hilangnya hiperglikemia, pasien diabetes sebaiknya memeriksakan kadar gula darahnya secara cermat ke fasilitas kesehatan terdekat.

Hal ini dilakukan agar proses pengobatan dapat diselesaikan secepatnya sebelum menimbulkan akibat yang lebih serius.

Baca juga: Olahraga Apa yang Terbaik untuk Penderita Diabetes? Berikut 10 pilihannya… Dengarkan berita terhangat dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Akses saluran berita virprom.com favorit Anda, pilih saluran whatsapp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top