Samsung Umumkan Memori GDDR7 24 GB Pertama di Dunia, untuk Next-gen AI

virprom.com – Samsung pekan ini resmi mengumumkan ketersediaan chip memori (DRAM) untuk unit pemrosesan grafis (GPU) tipe GDDR7 pertama di dunia yang berkapasitas 24 GB. 

Produk yang menggantikan memori GDDR7 16GB yang diluncurkan Samsung pada tahun 2023 ini dirancang untuk meningkatkan kinerja pemrosesan aplikasi, server, dan pusat data AI generasi berikutnya (generasi berikutnya). 

Ternyata, pemrosesan AI biasanya bergantung pada GPU, bukan CPU Hal ini karena GPU yang digunakan untuk komputasi atau penerapan kecerdasan buatan lebih bertenaga, lebih cepat, dan lebih hemat energi dibandingkan CPU.

Karena chip ini mengandalkan GPU, maka kapasitas chip memori komponen ini tentunya dapat berdampak besar pada pemrosesan dan aplikasi AI. 

Oleh karena itu, untuk mendukung kinerja AI, memori GDDR7 24GB yang diproduksi oleh Samsung kini dirancang menggunakan teknologi manufaktur 10 nanometer (nm) generasi kelima Samsung untuk produk DRAM.

Teknologi ini memungkinkan jumlah transistor pada chip ini ditingkatkan sebesar 50%, tanpa perlu menambah ukuran atau bentuk chip.

Chip memori GDDR7 24 GB buatan Samsung ini juga dilengkapi dengan teknologi terbaru Samsung termasuk Three-level Pulse Aplified Modulation (PAM3).

Hal ini memungkinkan kecepatan transfer memori (bandwidth memori) meningkat hingga 40 Gbps, 25% lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Kecepatan ini dapat ditingkatkan hingga 42,5 Gbps tergantung kebutuhan pengguna

Baca Juga: Samsung Luncurkan Memori GDDR7 untuk Kartu Grafis Generasi Berikutnya

Meski memori ini memiliki kemampuan yang sangat bertenaga, namun Samsung mengklaim memori terbarunya ini hemat energi, bahkan 30% lebih hemat dibandingkan generasi sebelumnya berkat teknologi dan desain dual VDD.

Desain ini memungkinkan chip menggunakan daya atau voltase berbeda untuk pemrosesan yang dilakukan di memori Dengan demikian, manajemen pemrosesan dalam memori dapat dikontrol dengan lebih baik

Sabtu (19/10/2024) Samsung Newsroom Diberikan Kompas Techno, Samsung akan melakukan pendekatan dan validasi beberapa perusahaan yang akan menggunakan memori GDDR7 24GB tahun ini.

Pada tahun 2025, produk memori untuk GPU akan tersedia untuk banyak perusahaan yang bermitra dengan Samsung Belum ada kabar apakah memori 24GB GDDR7 buatan Samsung ini akan tersedia luas bagi konsumen.

Baca Juga: Pendapatan Nvidia Mencapai Rekor Tertinggi Berkat Booming AI Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top