Prabowo, Megawati, dan JK Akan Hadiri Pidato Kenegaraan Jokowi di DPR, SBY Absen

JAKARTA, virprom.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPRK Indra Iskandar akan mengikuti sidang tahunan MPR dan sidang gabungan DPRK-DPD bersama Presiden Prabowo Subianto, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, serta Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Yusuf Kalla (JK ). Sidang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Sementara itu, Presiden keenam Susilo Bambang Udhoyono (SBY) menjawab tidak. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthy Uddhoyono SBY berada di Pakistan untuk menghadiri peringatan satu tahun Museum dan Galeri SBY-Ani pada 17 Agustus.

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR, Berikut Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gedung DPRK

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan dua pidato penting, yakni pidato sidang tahunan dan pidato pemaparan RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2025. Laporan keuangan dan dokumen pendukungnya .

“Presiden terpilih dan wakil presiden tidak diundang. Yang hadir hanya dua orang, Pak Prabowo, satu Menteri Pertahanan dan satu lagi Ketua Umum Partai,” kata Indra di Gedung PPK, Senayan, Jakarta, Jumat.

Mantan Presiden, Wakil Presiden Ibu Megawati membenarkan kehadirannya. Lalu ada Pak Sutrisno, Pak Yusuf Kalla, Pak Bodiono. Pak SBY tidak ada di sana, lanjutnya.

Indra menjelaskan, Presiden terpilih Prabowo dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka tidak diundang karena keterbatasan tempat. Hanya Prabowo yang diundang karena dia menjabat Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Streaming Pidato Kenegaraan Presiden 16 Agustus 2024

“Kami tidak mengundang mereka secara resmi karena adanya pembatasan. Karena susunan tempat duduk hari ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya ada Presiden, Wakil Presiden dan Ketua Sidang, Ketua MPR, DPRK, DPD”, jelas Indra.

“Bahkan pada sore hari yang hadir hanya Presiden, Wakil Presiden, dan Pimpinan DPRK. Oleh karena itu, jika jajaran kabinet berada di panggung utama pada periode ini, maka mereka akan ditempatkan di Blok B yang saat ini mereka tempati duta besar akan dipindahkan ke Blok E dengan anggota DPRK di belakang,” tambahnya. Terima pilihan berita dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top