Fungsi Mouse pada Komputer yang Perlu Diketahui

virprom.com – Penting bagi pengguna untuk mengetahui fungsi mouse pada komputer. Fungsi dari mouse komputer perlu Anda ketahui terutama jika pengguna sedang mempelajari komponen-komponen komputer.

Mouse merupakan bagian penting dari sebuah komputer. Tanpa mouse, komputer akan sangat sulit dikendalikan atau dikendalikan. Karena merupakan bagian penting pada komputer, pengguna perlu mengetahui fungsi mouse.

Baca Juga : Komponen Komputer : Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Lantas, apa fungsi mouse komputer? Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini mengenai beberapa fungsi mouse sebagai bagian penting dari komputer. Definisi tikus

Sebelum mengetahui fungsinya, ada baiknya pengguna memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan mouse. Pengertian mouse perlu anda ketahui karena ada beberapa istilah yang menjelaskan fungsi mouse pada komputer.

Jadi, apa yang dimaksud dengan tikus? Sekadar pengetahuan anda, komputer dapat mengolah atau mengolah data dan instruksi karena didukung oleh banyak komponen.

Komponen komputer setidaknya terdiri dari empat bagian, yaitu perangkat pengolah, perangkat penyimpanan, perangkat keluaran, dan perangkat masukan. Diantara keempat komponen komputer, mouse merupakan alat input.

Jadi jika didefinisikan, mouse merupakan suatu alat input yang dapat mengendalikan atau mengendalikan pergerakan komputer. Mouse adalah perangkat yang menggerakkan tangan pengguna untuk mengontrol pergerakan komputer.

Mouse mengontrol pergerakan kursor di layar komputer dan memungkinkan pengguna melakukan berbagai tindakan kontrol, seperti memilih aplikasi, memindahkan folder, dan lainnya.

Untuk menggunakannya, mouse dihubungkan ke komputer dan perlu diletakkan pada permukaan datar dengan permukaan yang kokoh. Pergerakan mouse bergantung pada pergerakan tangan pengguna.

Misalnya, jika pengguna menggerakkan mouse ke kanan, kursor akan bergerak ke arah yang sama di layar. Dengan mouse, pengguna dapat dengan leluasa mengontrol pergerakan atau tindakan komputer.

Sebuah mouse biasanya terdiri dari beberapa komponen penting, seperti tombol kanan dan kiri, roda gulir, dan sensor gerak. Perangkat ini disebut mouse karena bentuk umumnya menyerupai mouse gaming.

Mouse telah menjadi bagian integral dari perangkat komputasi saat ini, yang sebagian besar mendukung antarmuka pengguna grafis (GUI). Dengan mouse, pengguna dapat mengontrol tampilan dinamis layar komputer.

Sebagai informasi, tikus pertama kali ditemukan pada tahun 1964 oleh Douglas Engelbart, seorang ilmuwan komputer di Stanford Research Institute. Mouse Engelbart berbentuk kotak kayu dengan dua roda di bagian bawah dan dua tombol di bagian atas.

Mouse terhubung ke komputer dengan kabel. Mouse tidak digunakan secara luas hingga awal tahun 1980an ketika Apple memperkenalkan komputer Macintosh dengan mouse sebagai aksesori standarnya.

Macintosh adalah komputer pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis atau GUI. Penggunaan sistem GUI pada sistem operasi Macintosh menjadikan mouse sangat penting untuk menunjang pergerakan dinamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top