Alasan Mobil Bermesin Turbo Punya Spesifikasi Oli yang Berbeda

JAKARTA, virprom.com – Saat ini banyak mobil baru yang menggunakan teknologi turbo, baik yang berkapasitas mesin besar maupun kecil.

Walaupun perawatannya tidak jauh berbeda, namun harus dipahami dan diketahui bahwa tidak boleh asal-asalan sesuai dengan komponen yang digunakan.

Yang paling kentara adalah soal oli mesin, ternyata mobil turbocharged punya spesifikasi khusus dibandingkan mesin natural aspirated (NA).

Baca Juga : Pentingnya Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Komponen turbo sendiri tidak penting. Tapi oli penting karena harus mengalir untuk melumasi turbin, kata Didi Ahadi, perwakilan dukungan teknis dealer. Beberapa waktu lalu, Manajer PT Toyota Astra Motor (TAM).

Tak hanya itu, Didi juga mengingatkan pemilik mobil bermesin turbo untuk tidak mengabaikan perawatan rutin. Karena jika tidak maka akan menurunkan performa dan pasti menimbulkan masalah.

Manajer Pabrik Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, spesifikasi oli mobil turbocharged sudah termasuk pengubah gesekan.

Bahan aditif ini berguna sebagai pelumas yang dapat melindungi atau mengurangi gesekan berlebih pada putaran mesin tinggi.

Baca juga: Harga Terjangkau, Seberapa Irit Bahan Bakar Suzuki Baleno?

Mesin turbo memiliki titik didih oli yang lebih tinggi, perlindungan khusus untuk melindungi komponen mesin. Sumber panasnya ada dua, mesin dan ulir turbo, kata Teguh.

Ciri-ciri oli mesin mobil turbo lebih encer. Pasalnya, mampu menjangkau celah komponen mesin yang paling kecil, dimana mobil baru saat ini memiliki tingkat kepadatan yang cukup baik.

Pada titik didih tinggi, kecenderungan volume oli mesin menyusut juga umumnya lebih besar pada kendaraan bermesin turbo kompresi tinggi. Oleh karena itu, pemilik diharapkan tidak menganggap enteng perawatan rutin.

Baca Juga: Skema Kredit Mobil Listrik Neta X, Cicilan Mulai Rp 9 Crore

Untuk memastikan level oli tidak turun drastis, sebaiknya pemilik mobil juga melakukan pengecekan mandiri untuk memastikan level oli masih mencukupi. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top