Terus Berinovasi, Bengkel Motor Ini Konversi Jetski Listrik

 

JAKARTA, virprom.com – Banyaknya pesanan untuk mengubah sepeda motor tradisional menjadi sepeda motor listrik merupakan hal yang lumrah, namun Divo Gimbal kurang puas dan ingin terus berinovasi.

Penjaga bengkel Orang Senang kemudian memutuskan untuk membuat “mainan baru”, sebuah konversi jet ski. Bisa dibilang ini adalah jetski convertible pertama di Indonesia.

Baca juga: Apakah Mengemudi Lambat Sebabkan Suku Cadang Lebih Cepat Aus?

“Saya terpikir untuk mengubahnya menjadi listrik karena melihat betapa banyak bahan bakar yang terbuang di jet ski. Dengan mengkonversi saja, C02 berkurang 160 kg,” kata Divo kepada virprom.com, Kamis (19/9/2024).

 

Alhasil, bodi jet ski Kawasaki 1000 ZXi pun tergantikan total dengan perangkat yang memukau. Divo tidak menjelaskan secara detail part yang digunakan namun menjelaskan kekuatannya.

“Saat ini 40 kW, kecepatannya bisa 50 kW dan baterainya hanya bertahan 1 jam,” ujarnya.

Devo mengatakan ada tantangan dalam memodifikasi jet ski. Yang pertama adalah kekuatan jetski yang sangat besar sehingga memerlukan part atau dinamo yang sama karena jika tidak maka jetski akan lemot atau kurang kencang.

Baca Juga: Triumph Luncurkan Speed ​​T4, Varian Turunkan Speed ​​400

Kemudian tantangan lainnya adalah membuat elektronik mulai dari motor listrik, baterai, dan kontrolnya tahan air. Hal ini sangat penting karena jet ski digunakan di atas air, bahkan air laut

Baca Juga: Menggunakan Headset Saat Berkendara Tingkatkan Risiko Kecelakaan

“Tantangannya adalah mencapai standar yang sama dengan mesin konvensional. “Kemudian dipasang kembali agar mesin listrik tidak terkena air,” ujarnya.

Selain tahan air, baterai dan motor listriknya juga harus tahan guncangan, jelas Divo. Karena ketika Anda menggunakan jet ski di lautan, Anda akan terbentur ombak.

“Aki sejauh ini aman. Dinamo kemarin kebanjiran dan pengendalian aman, boksnya perlu kedap air,” kata Divo. Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru yang ingin Anda ikuti saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top