Benarkah Oli dengan Spesifikasi Tertentu Dapat Meredam Suara Mesin?

KLATEN, virprom.com – Oli merupakan cairan pelumas pada mesin kendaraan. Dengan cara ini, gaya gesekan antar bagian yang bergerak dapat dikurangi.

Berbeda dengan pelumas, ada yang berpendapat bahwa oli dengan sifat lebih kental akan meredam suara mesin. Artinya, suara mesin lebih senyap dan halus.

Aji Dwi Nugroho, Mandor Aha Motor Yogyakarta, mengatakan oli kental memiliki keunggulan dalam meredam kebisingan mesin.

Baca Juga: Jangan Paksa Berkendara Jika Oli Mesin Habis

“Penggunaan oli yang lebih kental, misalnya SAE 5W-30 hingga SAE 10W-30, akan menambah kekentalan oli di sekitar komponen sehingga berfungsi sebagai peredam kebisingan,” kata Aji kepada virprom.com, baru-baru ini.

Ajay mengatakan situasinya seperti memukul segelas bensin dan minyak dengan sendok. Oleh karena itu, gelas berisi minyak menjadi sunyi jika dipukul dengan sendok.

“Menggunakan oli yang lebih kental akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, namun jangan terlalu kental karena efek sampingnya adalah mesin menjadi lebih keras,” kata Ajay.

Baca Juga: Suku Cadang Mobil Yang Bisa Rusak Jika Oli Mesin Habis

Menurut Ajay, jika usia kendaraan sudah 10 tahun atau lebih, maka perlu menggunakan oli yang lebih kental. Dengan demikian, kemungkinan terjadinya keausan antar bagian lebih besar.

“Jika pemilik mobil lebih rutin mengganti oli, suara mesin bisa terdengar lebih halus meski sudah berumur 10 tahun jika menggunakan oli yang lebih encer yang direkomendasikan pabrikan,” kata Aji.

Oleh karena itu, kebisingan mesin dapat dikurangi dengan penggunaan oli yang lebih kental, sehingga suara mesin lebih halus saat dioperasikan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top