Benarkah Cuaca Panas Bikin Oli Motor Berkurang?

WONOGIRI, virprom.com – Cuaca panas kerap menjadi tantangan bagi pemilik sepeda motor, terutama dalam hal perawatan mesin.

Temperatur yang tinggi dapat mempengaruhi banyak aspek performa kendaraan, termasuk kondisi oli.

Ketika suhu naik, oli mesin bisa lebih cepat menguap, begitu juga dengan penurunan kualitas, yang menyebabkan pelumas ini lebih cepat terurai dari biasanya.

Baca Juga: Resiko Serius Jika Sepeda Motor Tidak Memberi Jalan pada Ambulans dan Pemadam Kebakaran

Andre, pemilik Bengkel Garasi Dhinata Jaya di Wonogiri, Jawa Tengah, mengatakan cuaca panas mempengaruhi jumlah oli mesin.

“Sangat berpengaruh karena cuaca seperti ini juga membuat suhu mesin menjadi panas. Kalau mesin panas otomatis oli akan gosong dan encer,” kata Andre kepada virprom.com, baru-baru ini.

Andre juga menjelaskan, oli yang tipis akan terbakar lebih baik karena mudah melewati celah tersebut.

“Jika kekentalan oli mesin tipis maka akan mudah terbakar melalui celah-celah ring piston sehingga oli mesin cepat habis,” kata Andre.

Baca Juga : Mengatasi Motor Karburator Susah Start di Pagi Hari

Untuk memastikan kuantitas oli, pemilik bisa mengeceknya sendiri tanpa harus ke bengkel.

“Buka saja tutupnya untuk menambah oli mesin dan lanjutkan pengecekan. Ada pelindung oli di tutupnya, kalau masih menyentuh tutupnya berarti masih cukup, kata Andre.

Perlu diketahui kapasitas oli mesin berbeda-beda, ada yang 0,8 liter dan 1 liter. Kondisi ini tergantung pada kapasitas mesin dan standar pabrikan.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik sepeda motor untuk memahami kapasitas oli kendaraannya yang tepat. Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top