Ledakan Terjadi di Konsulat China di Myanmar

MANDALAY, virprom.com – Ledakan terjadi di Kedutaan Besar Tiongkok di Mandalay, Myanmar, pada Jumat (18 Oktober 2024).

Menurut pemberitaan media setempat, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan ledakan disebabkan oleh alat peledak.

Agence France-Presse mengutip berita yang menyebutkan ledakan terjadi sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Gedung Kedutaan Besar Tiongkok terletak di pusat Mandalay, di sebelah selatan Istana Kerajaan.

Baca juga: Konflik Myanmar mengganggu proyek ambisius Tiongkok

Militer Myanmar menuduh teroris berada di balik ledakan pada Sabtu (19 Oktober 2024) malam, dan pejabat kedutaan sedang menyelidiki masalah tersebut.

Pasca ledakan, pengamanan gedung langsung meningkatkan pengamanan.

“Sekitar 0,6 meter ubin tanah liat di atap sebuah bangunan berlantai dua hancur,” kata junta.

Pejabat Myanmar di Mandalay mengonfirmasi kepada AFP bahwa insiden itu terjadi pada larut malam di Kedutaan Besar Tiongkok di Mandalay.

BACA JUGA: Sabu dari Myanmar membanjiri jalan-jalan Australia… Banjir bandang tewaskan 226 orang di Myanmar Myanmar berperang melawan banjir bandang, sebagian warga berlindung di pepohonan

Pejabat itu mengatakan “tidak ada yang terluka” namun tidak merinci sifat insiden tersebut.

Media Irrawaddy melaporkan bahwa bom dijatuhkan di daerah yang rutin dipatroli oleh militer Myanmar.

“Voice of Myanmar” melaporkan bahwa kedutaan diserang oleh ledakan, dan penyebab ledakan masih belum jelas. Tidak ada informasi lain dalam cerita mereka.

Sementara itu, Kedutaan Besar Tiongkok di Yangon belum menanggapi pertanyaan AFP.

Tiongkok adalah sekutu dan pemasok senjata utama bagi militer Myanmar tetapi juga memiliki hubungan dengan kelompok oposisi di negara bagian Shan, utara Myanmar.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi dan berkuasa pada tahun 2021.

BACA JUGA: Puluhan WNI yang Diduga Disiksa di Myanmar Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk masuk ke saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top