Mana yang Lebih Baik, PPF atau Coating buat Bodi Mobil?

JAKARTA, virprom.com – Ada banyak cara untuk melindungi mobil Anda. Selain pelapis yaitu color Protection Film (PPF). Meski sama-sama memiliki fungsi yang sama dalam melindungi cat mobil, namun ditawarkan dengan harga, bahan, dan teknologi yang berbeda.

Dari segi harga, sabun proteksi PPF memang tidak murah. Perkiraan harganya mencapai puluhan juta rupee, sehingga tak heran jika sistem ini digunakan pada mobil mahal.

Berbeda dengan biaya asuransi mobil yang dimulai dari Rp 2 juta.

Baca juga: Aki Motor Air Harus Segera Diganti, Bukan Hanya Lampunya

90 persen konsumen PPF adalah mobil premium. “Selama ini covernya center dan entry level,” kata Daniel saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, baru-baru ini.

Daniel melanjutkan, PPF memiliki banyak keunggulan dibandingkan asuransi. Misalnya saja perawatannya yang mudah dan memiliki self-healing agent yang mampu menghilangkan noda kecil dengan sendirinya tanpa perawatan khusus, tergantung suhu matahari.

“Tentu saja ada juga yang self-healing coating, tapi tingkat kilapnya kurang bagus. PPF ini bisa lebih terang dari pada pelapis dan stiker, dan lebih bagus sehingga tahan terhadap bahan kimia dan deterjen,” kata Daniel.

Selain itu, dari segi perawatan, lapisan PPF diyakini akan bertahan hingga bertahun-tahun, meski tidak ada jaminan lapisan mobil akan tetap mengkilat selama masa pakai kendaraan itu sendiri.

Baca juga: Lebih Baik Ganti Mesin Pemotong Rumput atau Mesin KW?

“Untuk asuransi, ada jadwal perawatan yang sebaiknya dilakukan pemilik mobil setiap tiga hingga enam bulan sekali,” kata Daniel.

Dapat disimpulkan bahwa PPF memiliki keunggulan dari segi material, ketahanan dan perawatan jika dibandingkan dengan asuransi. Hanya saja harga yang ditawarkan PPF lebih mahal dibandingkan asuransi. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top