Alasan Menyalakan Mobil Matik Harus Injak Rem Dahulu

SOLO, virprom.com – Pada mobil bertransmisi otomatis modern, fungsi start-stop mesin dipasang sebagai pengganti kunci menghidupkan mesin.

Dengan fitur ini, pengemudi harus menginjak pedal rem sebelum menghidupkan mesin. Jika tidak diinjak, mesin tidak akan hidup meskipun tombol start-stop mesin ditekan.

Iwan, Pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda, mengatakan mobil harus dihidupkan dengan fungsi start-stop mesin sambil menekan pedal rem.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Peredam Kejut Sepeda Motor

Selain menekan rem untuk keselamatan, juga melepas tuas persneling untuk memindahkan gigi P ke gigi dua, kata Ivan kepada virprom.com, baru-baru ini.

Dengan cara ini, akan mencegah kemungkinan menghidupkan kendaraan secara tidak sengaja dan memastikan pergantian gigi yang aman saat mesin dihidupkan.

Selain itu, penggunaan pedal rem sebagai bagian dari proses ini juga membantu menjaga pengendalian dan stabilitas kendaraan, sehingga mengurangi risiko kecelakaan atau kerusakan transmisi.

Baca Juga: Strategi Toyota menghadapi persaingan di segmen Fortuner

Departemen Dukungan Teknis Dealer. Direktur PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi juga mengatakan, menekan rem saat menstarter mobil matic adalah untuk keselamatan.

Menekan rem terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin mobil merupakan prosedur keselamatan, agar mobil tidak langsung hidup atau hidup saat mesin hidup, kata Didi.

Dengan mengikuti tata cara menekan pedal rem sebelum menghidupkan mesin matic mobil, maka keselamatan pengemudi akan meningkat dan mobil dapat beroperasi dengan lancar dan aman. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top