Bantah Gus Yahya, Anggota Pansus Sebut Pelaksanaan Haji 2024 Carut Marut

JAKARTA, virprom.com – Anggota Panitia Khusus Hak Penyidikan Haji 2024 (Pansus) Fraksi Golkar DPR John Kenedy Azis pun membantah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut. Yahya Cholil Staquf (Gus ). Yahya), yang menyebut DPR telah membentuk Panitia Khusus Haji untuk menyerangnya.

John mengatakan, pembentukan Panitia Khusus Haji didasarkan pada temuan terkait kisruhnya penyelenggaraan ibadah haji 2024 serta dugaan adanya pelanggaran hukum (UU) yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag).

Pernyataan itu sama sekali tidak beralasan. Pansus dibentuk berdasarkan penerapan ibadah haji yang menurut saya tidak tertib, itu pembagian kuota haji yang melanggar undang-undang dan juga melanggar perjanjian, kata John. -wartawan, Rabu. (31/7/2024).

Dia mengatakan, tidak ada kaitannya antara pembentukan panitia khusus haji dengan PBNU.

Baca juga: Bola Liar Pansus Haji Disoal PBNU, PKB Tetapkan Badan

Ia menyatakan, Panitia Khusus Haji bergerak untuk menyelesaikan persoalan yang muncul selama ibadah haji 2024.

Jadi Pansus Haji dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan ibadah haji. Tidak ada kaitannya dengan NU, ujarnya.

Kita lihat bagaimana ibadah haji kedepannya akan lebih menyenangkan dan jamaah haji akan menunaikan ibadah haji sesuai dengan urutan ibadah haji itu sendiri. Dapat menunaikan ibadah haji dengan aman dan khusyuk sesuai sunnah. dari nabi “Yah, itu tidak ada hubungannya dengan apa pun,” lanjut John.

Selain itu, John berharap hasil kerja Panitia Khusus Haji dapat membuat mekanisme ibadah haji dapat berjalan dengan baik.

Selama ibadah haji 2024, banyak keluhan yang dikeluhkan jemaah Indonesia, antara lain antrian toilet yang berjam-jam, sempitnya tidur di tenda, hingga penundaan penerbangan hingga berjam-jam.

Baca Juga: Tantangan Panitia Khusus Haji Gus Yahya Mencurigai, PKB: Buktikan!

“Bagaimana rekrutmen jemaah haji bisa konsisten dengan daftar yang benar? Jangan sampai mereka yang baru mengantri 4 tahun sudah bisa berangkat haji karena suatu hal. antriannya tidak bisa puluhan bahkan puluhan tahun, jadi itu yang harus kita bereskan,” ujarnya.

Oleh karena itu, John menilai Pansus Haji 2024 sebaiknya fokus pada kerja peningkatan pelayanan haji, bukan bereaksi terhadap pernyataan Gus Yahya yang tidak jelas dasarnya.

Ia menegaskan, masih banyak pelayanan haji yang perlu ditingkatkan mengingat berbagai kasus yang muncul.

“Tidakkah Anda lihat kalau di potensi hotel, jamaah haji dalam satu kamar lebih dari kapasitasnya? Jadi kualitas restorannya, ada yang keracunan? tenda di Mina dan Arafah Jadi kami tidak ada hubungannya dengan SEKARANG dan kami kemana-mana, tambah John.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) Yahya Cholil Staquf menduga Panitia Khusus Hak Penyidikan Haji 2024 sebenarnya terbentuk karena adanya permasalahan pribadi antara Ketua Umum PKB dan Wakil Ketua Umum PKB. DPR Muhaimin Iskandar. (Cak Imin) dan itu.

Yahya merasa Panitia Khusus Haji memang mengincar dirinya, namun hal itu dilakukan melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan adik Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top