Suzuki Lagi Kembangkan Teknologi Strong Hybrid

Jakarta, virprom.com – Suzuki dikabarkan tengah mengembangkan teknologi hybrid tangguh (Hybrid Electric Vehicle/HEV) untuk kendaraan masa depannya.

Seperti diketahui, Suzuki telah memiliki kendaraan yang dilengkapi teknologi HEV yaitu model Suzuki Swift yang baru saja diluncurkan di seluruh dunia. Namun mesin ini menggunakan teknologi hybrid dari Toyota.

Dikutip Autocar India, Jumat (23/8/2024), Suzuki disebut-sebut akan mengembangkan teknologi HEV sendiri dalam waktu dekat. HEV pertama dari Maruti Suzuki nantinya akan diluncurkan dengan menggunakan mesin Z12E yang dipasang pada model Swift.

Baca Juga: Review Tesla Cybertruck Dijual Rp 5 Miliar di Indonesia [Video]

Mesin Z12E, bersama dengan teknologi HEV, akan diluncurkan tahun depan pada bagian depan facelift. Artinya, Frontx kemungkinan besar akan menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Swift. Tak hanya itu, model terbaru Baleno dikabarkan juga akan mendapatkan mesin berteknologi hybrid yang bertenaga.

Teknologi mesin HEV milik Suzuki menawarkan susunan seri hybrid yang berbeda dibandingkan teknologi milik Toyota, dan diklaim lebih murah. Mesin pembakaran dalam (bensin/mesin konvensional) hanya berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai EV secara terus menerus.

Namun belum bisa dipastikan secara pasti kapan teknologi hybrid bertenaga Suzuki akan digunakan pada model kendaraannya.

Sementara untuk pasar Indonesia, Suzuki memulai elektrifikasi dengan meluncurkan model kendaraan yang dilengkapi teknologi hybrid ringan terlebih dahulu. Ertiga seperti Grand Vitara hingga XL7.

Baca Juga: Pengguna sepeda motor otonom harus menghindari gaya berkendara demi kelangsungan hidupnya

Sebelumnya, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Ismi Himawan Saputra mengatakan, teknologi Mild Hybrid ini merupakan langkah awal perusahaan menuju teknologi yang lebih canggih.

“Ini adalah langkah pertama kami ke sana. Jadi, sejak awal kami sudah menentukan langkah selanjutnya, termasuk bagaimana kami memperkenalkan BEV ke Suzuki. “Apakah akan ada hybrid yang kuat dan sebagainya, tentu ini strategi perusahaan kita dan belum dikomunikasikan,” kata Dony. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top