GP Ansor Gelar Apel Kesetiaan PBNU di Bali, Berbarengan dengan Muktamar PKB

JAKARTA, virprom.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar Seruan Kesetiaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada 21-25 Agustus 2024 di Bali.

Aksi ini bertepatan dengan Kongres Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga digelar di Bali pada 24-25 Agustus 2024.

GP Ansor mengeluarkan instruksi pemanggilan kepada Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Wilayah Jawa Timur dan Wilayah Bali.

Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharuddin mengatakan, aksi tersebut tidak berkaitan langsung dengan Kongres PKB, melainkan hanya rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Kami setia kepada kiai dan PBNU, kata Gus Addin saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (21/8/2024).

Baca Juga: Pansus PBNU: DPP PKB akan kami bersihkan sesuai harapan Ulama

Gus Addin mengatakan alasan mereka memilih Bali karena melambangkan keberagaman.

“(Alasan) yang kedua juga (rangkaian) HUT RI, kita merayakan keberagaman dan merayakan kemerdekaan di Bali, serta kesetiaan kepada PBNU dan Kiai,” ujarnya. 

Ia mengatakan, 15.000 dokter keluarga Ansor akan mengikuti aksi di Bali ini.

Gus Addin juga mengatakan, unjuk rasa ini akan dihadiri oleh para pendekar Pagar Nusa atau kelompok pencak silat yang tergabung dalam Nahdlatul Ulama.

Konflik antara PBNU dan PKB bermula dari Pansus Hak Angket DPR-RI terkait Penyelenggaraan Haji 2024.

Pansus tersebut disetujui Wakil Ketua DPR-RI Muhaimin Iskandar dan dibentuk karena menilai Kementerian Agama sedang mempermainkan kebijakan kuota khusus haji.

Baca juga: Pansus PBNU Umumkan Keputusan di Depan Kongres PKB

Menanggapi pembentukan pansus, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menilai ada keluhan pribadi dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Sebab, pansus diyakini akan menyasar Kementerian Agama pimpinan Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan adik dari Ketua Umum PBNU.

PBNU kemudian membentuk panitia khusus tandingan yang tujuannya “memperbaiki” PKB pimpinan Muhaimin Iskandar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top