Belajar dari Insiden Truk Tangki yang Terbakar di Ruas Tol Ngawi

JAKARTA, virprom.com – Selasa (25/6/2024), truk milik PT Sinar Wahana Surya terbakar pada Selasa (25/6/2024) di Km 580 Tol Ngavi-Kertosono.

Dugaan pertama penyebab kebakaran akan diselidiki bersama dengan Departemen Pemadam Kebakaran. Saat mobil melaju, terjadi percikan api.

Sesuai standar kinerja pusat distribusi dan infrastruktur Pertamina demi keselamatan dan keamanan, kendaraan tanker yang bertugas berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang ada di sumber air kendaraan tanker saat kejadian tersebut. lingkungan.

Baca Juga: Waspadai Tanda-Tanda AC Mobil Lama Anda Masih Berfungsi

Situasi di kawasan ini hampir selesai total, nanti akan dilakukan penyelidikan, akan diberikan informasi lebih lanjut mengenai penyebab percikan dan terbakarnya tangki tersebut, kata Manajer Komunikasi dan Perumahan Pertamina Patra Niaga. Tanggung jawab. Zona Jatimbalinus, Ahad Rahedi.

Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut, dan Pertamina masih memperkirakan kerugian materil.

Selain itu, pengiriman BBM di Terminal BBM Madiun dipastikan tidak terganggu akibat kecelakaan tersebut.

Ambil pelajaran dari kejadian ini dan pengemudi harus berhati-hati saat berada di sekitar kendaraan besar seperti truk. Apalagi jika Anda membawa barang seperti bensin yang mudah terbakar jika ada percikan api.

Saat dihubungi virprom.com pada Rabu, 26/26/2024, Sony mengatakan, “Tentu saja standar yang digunakan Pertamina dalam transportasi mengikuti aturan keselamatan, tapi selama ada bahan bakar, risiko kebakaran tetap ada.”

Menurut Sony, kecelakaan tersebut dapat terjadi dalam situasi seperti tabrakan truk, terguling, dan tangki bocor, yang sering dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman.

Lanjut Soni, kendaraan pengangkut bahan bakar tidak hanya memiliki rambu peringatan di bagian belakang, tapi juga di bagian samping. Artinya, pengemudi harus menjaga jarak dan menjauhi bahan yang mudah terbakar seperti rokok.

Baca Juga: Indomobil Group Ingin Datangkan Lebih Banyak Kendaraan Listrik ke RI

“Jadi kalau di belakang truk tangki, pastikan pandangan mata ke depan. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencari tumpahan darah, karena secara visual tumpahan bahan bakar sama dengan tumpahan air. truk tangki, banyak orang yang terburu-buru setelah menumpahkan dan membuang bahan bakar serta gagal melakukan pengereman saat ramai di jalan yang berkelok-kelok,” kata Sony.

Terakhir, jika berada di depan truk bahan bakar, Anda harus bergerak atau berhenti, karena membutuhkan waktu yang lama dan jarak yang jauh agar truk tersebut berhenti. Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top