X/Twitter Buat Aturan Blokir Baru, Pengguna Eksodus ke Bluesky

virprom.com – Perubahan fungsi tombol blokir X (sebelumnya Twitter) akhirnya resmi. Menyusul pengumuman pemilik X, Elon Musk pada akhir September tahun lalu, kebijakan pemblokiran baru X kini telah resmi diumumkan oleh perusahaan.

Berdasarkan postingan yang dibagikan akun teknologi X dengan tagar @XEng, media sosial X telah mengubah pemblokiran aktivitas di platformnya.

“Jika postingan Anda bersifat publik, akun Anda yang diblokir akan dapat melihatnya, tetapi tidak dapat berinteraksi dengannya (misalnya membalas, retweet, dll)” X pada Kamis (17/10/2024). ). Kami akan segera melakukan perubahan pada cara kerja fungsi pemblokiran.

Jika postingan Anda bersifat publik, akun Anda yang diblokir akan dapat melihatnya tetapi tidak dapat berpartisipasi (misalnya membalas, menulis, dll.). — Teknik (@XEng) 16 Oktober 2024

Praktik ini telah berubah dari kebijakan pemblokiran X sebelumnya. Pertama, akun yang diblokir tidak dapat melihat konten/postingan/tweet yang diunggah oleh akun yang diblokir tersebut. Suka yang diblokir, posting ulang, dll. mereka tidak dapat menambahkan.

Baca Juga: Brazil Luncurkan X/Twitter Setelah Elon Musk Bayar Denda Rp 80 Miliar

Berdasarkan kebijakan terbaru, akun yang diblokir mungkin melihat catatan akun, namun mungkin tidak terpengaruh seperti dijelaskan di atas.

Perlu dicatat bahwa praktik ini berlaku untuk pencatatan publik. Alternatifnya, pengguna dapat menggunakan fitur “Proteksi” untuk mengurangi paparan rekaman yang diunggah.

Dengan mengaturnya sebagai dilindungi, postingan pengguna hanya akan terlihat oleh akun yang dapat diakses olehnya (pengikut). 

Akun @XEng juga membagikan cara mengatur log keamanan, berikut detailnya. Klik menu Pengaturan di aplikasi X Buka opsi Privasi dan keamanan Klik opsi Audiens Aktifkan opsi “Lindungi postingan Anda” 500.000 X pengguna beralih ke BlueSky

Setelah kebijakan pemblokiran X diubah, pengguna berbondong-bondong menggunakan Blues. Bluesky adalah platform media sosial berbasis teks yang dibuat oleh mantan CEO dan pendiri Twitter Jack Dorsey.

Jadi konsep yang ditawarkan Bluesky mirip dengan X Twitter.

Baca Juga: Blueskin Bisa Dicoba di Indonesia, Inilah Pesaing Twitter X

Sekitar 12 jam setelah mengumumkan perubahan fungsi pemblokiran X, Bluesky memperoleh 100.000 pengguna baru. 24 jam setelah X mengumumkan kebijakan baru, jumlah mereka terus bertambah hingga mencapai 500.000.

“Selamat datang di lebih dari 100.000 pengguna yang bergabung dengan Blueski dalam 12 jam terakhir,” kata Blueski di platformnya dengan nama pengguna [email protected], lalu memperbarui penghitungannya menjadi hampir setengah juta pengguna baru.

Bukan hanya kali ini, pada September 2024 lalu, saat X Twitter diblokir di Brazil, Bluesky kebanjiran pengguna baru. Selama itu, jejaring sosial berlogo kupu-kupu memperoleh sekitar tiga juta pengguna baru. Faktanya, 85 persen di antaranya berasal dari Brasil.

Berkat tambahan tersebut, Bluesky kini memiliki lebih dari 10 juta pengguna, dengan lebih dari enam juta pengguna pada Juli 2024, demikian lapor KompasTekno dari Mashable, Jumat (18/10/2024). Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top