Hamdan, Komandan Batalyon Hamas atau Pengawal Yahya Sinwar Tewas Jumat Kemarin

GAZA, virprom.com – Komandan batalion Tal al-Sultan Hamas Mahmoud Hamdan, yang juga merupakan pengawal pemimpin Hamas, juga dibunuh oleh tentara Israel di selatan Gaza pada Jumat (18/10/2024).

Menurut pernyataan tentara Israel, Hamdan tewas dalam bentrokan dengan pasukan IDF tidak jauh dari tempat terbunuhnya pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

“Hari ini (Jumat), Mahmoud Hamdan dibunuh ISIS dalam bentrokan dengan pasukan ISIS 200 meter dari tempat Sinwar dibunuh,” demikian pernyataan militer yang dikutip AFP, Sabtu (19/10/2024).

Baca juga: Hamas Benarkan Kematian Yahya Sinwar

Hamdan diketahui mengawal Sinwar dan juga komandan batalion Tal al-Sultan Hamas.

Pengumuman itu muncul sehari setelah tentara mengumumkan telah membunuh Yahya Sinwar dalam baku tembak di Rafah, Gaza selatan, pada hari Rabu.

Israel telah lama menuduh Yahya Sinwar mendalangi serangan terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Serangan tersebut mengakibatkan 1.206 kematian, sebagian besar warga sipil, menurut AFP, statistik resmi Israel yang mencakup sandera yang meninggal di penangkaran.

Hamas juga menyandera 251 orang dalam serangan itu. 97 orang tewas di Gaza, 34 di antaranya menurut pejabat Israel tewas.

Namun, serangan balik Israel menewaskan sedikitnya 42.500 orang di Gaza, sebagian besar adalah warga sipil.

Baca juga: Hasil Otopsi Israel: Yahya Sinwar Meninggal Karena Tertembak di Kepala

Ini adalah data Kementerian Kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas, data yang dianggap dapat diandalkan oleh PBB. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top