Tanggal 5 Oktober 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 5 Oktober 2024 adalah hari Sabtu. Tanggal ini diperingati sebagai hari lahir Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI).

Selain itu, ada peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa hari memperingati 5 Oktober 2024 HUT TNI

Tanggal 5 Oktober 2024 bertepatan dengan HUT TNI.

Tahun ini TNI merayakan hari jadinya yang ke-79.

Tema yang diangkat adalah “TNI modern dengan rakyat yang siap melestarikan warisan kepemimpinan nasional untuk Indonesia modern”.

Pemilihan tema ini berarti TNI siap bekerja sama untuk melestarikan kepemimpinan Indonesia yang maju.

Berbicara mengenai hari jadi TNI tidak lepas dari sejarah panjang keberadaan TNI. TNI lahir dari perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan.

Berdasarkan laman resmi TNI, TNI awalnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Hingga kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Pembentukan TKR diumumkan melalui keputusan presiden yang menjadi dasar penetapan hari jadi TNI.

Tak lama kemudian, ia direorganisasi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) untuk memperbaiki strukturnya sejalan dengan kebijakan militer internasional.

Secara resmi TNI baru berdiri pada tanggal 3 Juni 1947. Diubah menjadi TNI untuk menyatukan dua angkatan bersenjata, TRI tentara reguler dan Organisasi Tempur Rakyat.

Pada saat-saat kritis Perang Kemerdekaan (1945-1949), TNI berhasil mengidentifikasi dirinya sebagai tentara rakyat, tentara revolusioner, dan tentara nasional.

Peringatan HUT TNI tahun ini akan digelar di Monas, dengan berbagai atraksi pasukan TNI dan parade yang diselenggarakan masing-masing satuan, pertunjukan udara, serta pertunjukan pesawat tempur di darat dan laut.

Baca Juga: Tanggal 4 Oktober 2024 Diperingati Hari Apa? Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

UNESCO menetapkan hari ini pada tahun 1966 untuk mengakui status guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top