Dasco: Keppres Pemindahan IKN Masih Dikaji

JAKARTA, virprom.com – Ketua Harian Gerindra dan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad membenarkan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan menandatangani keputusan presiden (keppres) tentang pemindahan ibu kota ke nusantara. Meski demikian, Dasco menegaskan Perpres tersebut akan dipelajari terlebih dahulu sebelum disetujui.

Oh iya, itu saja (tanda tangan Pak Prabowo). Jadi Perpres penyerahan IKN masih dalam batas waktu, kata Pak Dasko kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin (10 Juli 2024).

Baca selengkapnya: Pusat Keuangan IKN Berbeda dengan kota lain, OJK siap menjadi regulator

Pak Dasko juga mengatakan, dirinya belum bisa memastikan kapan Perpres Prabowo akan ditandatangani setelah menjabat sebagai presiden pada 20 Oktober 2024.

Saat ini, Pak Prabowo juga sedang fokus pada rancangan keputusan presiden terkait berbagai kementerian pada masa pemerintahannya.

“Pak Prabowo saat ini sedang sibuk menyusun dan merevisi Perpres yang akan segera diumumkan,” kata Dasko.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan keputusan pemindahan ibu kota ke IKN Kaltim akan ditandatangani Presiden Prabowo Subianto.

Kabar tersebut disampaikan Jokowi kepada media pada Direction (10 Juni 2024) usai mengikuti acara Nusantara Fun Run 2024 di Pusat Pemerintahan IKN (KIPP).

Keputusan presiden (keppres) harus ditandatangani oleh Presiden baru Prabowo, kata Jokowi.

Baca Juga: PEPARNAS XVII 2024 Dibuka Solo, Jokowi: Saya Terbang Khusus dari IKN untuk Hadiri Pembukaan Ini

Jokowi mengingatkan, pemindahan ibu kota tidak akan mudah.

Proses ini tidak hanya melibatkan relokasi fisik tetapi juga pengembangan ekosistem pendukung seperti perumahan, perkantoran, pendidikan, rumah sakit, dan sarana transportasi.

“Jadi ekosistemnya harus siap supaya semuanya siap. Rumah Sakit siap, pendidikan siap karena itu yang dibutuhkan anak-anak, sekolah harus ada TK, SD, SMP, SMA, SMK hingga Universitas.

Selain itu, Joko juga menekankan pentingnya keramaian IKN seperti restoran dan sarana transportasi.

Dia menegaskan, semua pihak harus bersiap sebelum transfer.

“Kalau apartemennya sudah siap tapi kantornya belum, mau apa?” ​​kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sebut Perpres IKN Akan Ditandatangani di Era Prabowo, Ini Alasannya

Jokowi juga menjelaskan acara seperti Nusantara Fun Run 2024 bertujuan untuk menarik massa dan menciptakan ekosistem IKN.

Ia berharap kejadian seperti ini dapat terus berlanjut dan memungkinkan ekosistem terjadi secara alami.

“Sebentar lagi akan ada restoran Padang. Semuanya butuh waktu. Migrasi modal butuh waktu. Pindahnya tidak ribet. Jadi jangan kejar-kejaran, jangan dipaksakan. Pemindahan modal harus biasa saja,” pungkas Pak Joko. . , tentu saja, hingga ekosistem perlahan terbangun”. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www .whatsapp.com/ channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top