Potret Miris Anak Kecil Bawa Kendaraan, Mana Pengawasan Orangtua?

JAKARTA, virprom.com – Belajar mengendarai sepeda motor tergolong mudah, satu-satunya gambaran menyedihkan di Indonesia adalah anak-anak kecil yang sudah menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Misalnya, video yang diunggah akun Instagram @jakarta.keras memperlihatkan seorang anak kecil sedang membonceng anak kecil lainnya.

Saat berhenti, bocah kecil yang mengendarai sepeda motor itu terpaksa keluar karena kakinya belum ada.

Menanggapi video tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengizinkan anaknya mengendarai sepeda motor.

Baca juga: MGPA membantah adanya penyalahgunaan APAR dalam pemadaman sepeda motor Marquez yang terbakar

 

“Tergantung orangtuanya tentunya. Banyak orang yang cuek bahkan bangga jika anak kecilnya bisa mengendarai sepeda motor. Mereka belum memahami potensi bahaya dan bahaya yang bisa terjadi jika anaknya terlibat kecelakaan di jalan raya,” kata Agus. Kompas. com, Senin (30/9/2024).

Orang tua yang tidak mengetahui pentingnya keselamatan cenderung membiarkan anaknya mengemudi sendiri. Padahal, jika Anda terlibat kecelakaan, nyawa anak-anak atau orang lain bisa jadi terancam.

Baca juga: Skema Kredit Mobil Listrik Neta X, Cicilan Mulai 9 Juta Dram

“Harusnya pemerintah yang mengingatkan para orang tua, polisi bisa memberikan arahan atau edukasi tentang berkendara di jalan raya,” kata Agus.

Oleh karena itu, menurut Agus, kesadaran keselamatan berlalu lintas harus ditingkatkan. Misalnya, tidak memperbolehkan anak di bawah umur mengemudi. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top