Optimalkan Peran Bidan dalam Layanan KB

virprom.com – Peran bidan sangat penting dalam menjaga kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Tidak hanya berperan penting dalam membantu persalinan, tetapi juga kesehatan reproduksi dan mensukseskan program keluarga berencana (KB).

Berdasarkan Survei Kesehatan Dasar tahun 2018, sekitar 82,5 persen pelayanan kesehatan diberikan oleh bidan, mulai dari pemeriksaan kehamilan, persalinan, hingga pelayanan kontrasepsi.

“Dokter kandungan adalah sahabat wanita sepanjang siklus hidup kesehatan reproduksinya. Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa pelayanan klinik kebidanan dekat, bebas antrean, nyaman, familiar dan terjangkau,” kata Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Dr. Ade Jubaedah, pada Pertemuan Ilmiah Tahunan IBI di Jakarta (17/10/2024).

Dalam hal pelayanan kontrasepsi, menurut Ade, bidan memiliki kompetensi yang cukup untuk membantu perempuan memilih metode kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, Pelayanan KB Capai 1,8 Juta Peminat

Ade juga mengatakan, edukasi terkait penggunaan alat kontrasepsi merupakan bagian dari peran bidan untuk menentukan yang terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan pasien.

“Edukasi bidan tidak hanya pada pra pemasangan saja, namun pendidikan pasca pemasangan juga diberikan oleh bidan, hal ini untuk mencegah penghentian alat kontrasepsi,” imbuhnya.

Kampanye “Datang ke bidan”.

DKT Indonesia melalui Program Keluarga Berencana Andalan bersama IBI meluncurkan kampanye nasional bertajuk “Datang ke Bidan, Ingat KB, Ingat Bidan” untuk mengajak masyarakat memanfaatkan pelayanan KB dan kesehatan ibu dan bayi yang tersedia di kebidanan. klinik di seluruh Indonesia.

“Dokter obstetri bukan sekedar profesional kesehatan biasa, mereka adalah mitra perempuan di setiap tahap kehidupan reproduksi. “Mulai dari perencanaan kehamilan hingga pemilihan KB yang aman dan efektif, bidan siap membantu dengan pelayanan yang personal dan penuh perhatian,” kata Kepala Pemasaran DKT Indonesia Cut Vellayati di acara yang sama.

Baca juga: 5 Jenis Alat Kontrasepsi dan Efektivitasnya dalam Mencegah Kehamilan

Seiring dengan berkembangnya peraturan kesehatan di Indonesia, bidan juga menghadapi berbagai tantangan dalam terus memberikan pelayanan yang berkualitas.

“Peran bidan saat ini semakin krusial dalam konteks peraturan yang terus berkembang. Tantangan dalam memenuhi standar pelayanan kesehatan yang lebih ketat harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi bidan,” kata Ade.

Ade menambahkan, bidan dapat berkontribusi besar dalam menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi, dan juga stunting.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top