Pengertian Mouse, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

virprom.com – Pengguna yang mempelajari komponen komputer atau bagian-bagian komputer mungkin perlu mengetahui beberapa dasar tentang mouse sebagai komponen komputer.

Beberapa hal mendasar seperti pengertian mouse, fungsinya, cara kerjanya, dan jenis-jenisnya. Mouse adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah komputer. Hampir setiap komputer memiliki mouse.

Baca Juga: Bagian-bagian Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Karena memainkan peran penting dalam komputer, pengguna harus mengetahui beberapa hal dasar tentang mouse. Oleh karena itu, artikel ini menjelaskan tentang desain, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenisnya.

Pertama-tama, apa yang dimaksud dengan tikus? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini mengenai pengertian mouse sebagai bagian integral dari komputer. Definisi tikus

Sebagai informasi, komputer dapat mengolah atau mengolah data dan perintah karena didukung oleh berbagai komponen.

Komponen komputer setidaknya terdiri dari empat bagian, yaitu perangkat pengolah, perangkat penyimpanan, perangkat pencetakan, dan perangkat input. Diantara keempat bagian komputer tersebut, mouse termasuk sebagai alat input.

Jadi jika didefinisikan, mouse adalah suatu alat input yang mampu mengarahkan atau mengendalikan pergerakan komputer. Mouse adalah suatu perangkat yang digerakkan oleh tangan pengguna untuk mengontrol pergerakan komputer.

Mouse mengontrol pergerakan kursor di layar komputer dan memungkinkan pengguna memilih aplikasi, memindahkan folder, dan banyak lagi. Anda dapat melakukan berbagai tindakan manajemen seperti

Untuk menggunakannya, mouse harus disambungkan ke komputer dan diletakkan pada permukaan datar dengan permukaan keras. Pergerakan mouse bergantung pada pergerakan tangan pengguna.

Misalnya, saat pengguna menggerakkan mouse ke kanan, penunjuk akan bergerak ke arah yang sama di layar. Dengan mouse, pengguna dapat leluasa mengontrol pergerakan atau fungsi komputer.

Sebuah mouse biasanya terdiri dari beberapa komponen dasar, seperti tombol kanan dan kiri, roda gulir, dan sensor gerak. Alat ini disebut tikus karena bentuk umumnya menyerupai tikus mainan.

Mouse telah menjadi bagian integral dari peralatan komputer modern, yang sebagian besar mendukung antarmuka pengguna grafis (GUI). Mouse memungkinkan pengguna untuk mengontrol tampilan dinamis layar komputer.

FYI, mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1964 oleh Douglas Engelbart, seorang ilmuwan komputer di Stanford Research Institute. Mouse Engelbart berbentuk kotak kayu dengan dua roda di bagian bawah dan dua tombol di bagian atas.

Mouse terhubung ke komputer dengan kabel. Mouse tidak digunakan secara luas hingga awal tahun 1980an, ketika Apple memperkenalkan komputer Macintosh dengan mouse sebagai perangkat input standar.

Macintosh adalah komputer pertama yang menggunakan sistem antarmuka pengguna interaktif, atau antarmuka pengguna grafis. Penggunaan GUI pada sistem operasi Macintosh menjadikan mouse sangat penting untuk mendukung navigasi dinamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top