Berkantor di IKN, Presiden Jokowi Bakal Beri Arahan ke TNI-Polri

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo akan berpidato di depan pejabat TNI-Polri di Istana Negara Ibu Kota Kepulauan (IKN) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

Hal itu dibenarkan Yusuf Permana, Wakil Direktur Pers dan Protokol Media Sekretariat Presiden.

Rencananya Presiden akan menyelenggarakan pertemuan dan pengarahan kepada aparat TNI dan Polri pada tahun 2024 yang akan dilaksanakan di ruang Nusantara Istana Negara IKN, kata Yusuf dalam keterangan Sekretariat Presiden, Kamis. Sekretariat pada hari Kamis.

Diketahui, Presiden Jokowi sendiri berangkat menuju Kalimantan Timur (Kaltim) dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB.

Baca juga: IKN Kota Pertama yang Didirikan Indonesia

Sesampainya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Negara langsung menuju Indonesia (IKN) dengan helikopter Super Puma TNI AU.

Hari ini Presiden Jokowi akan kembali ke kantornya di IKN, kata Yusuf.

Para pejabat mendampingi Jokowi dalam penerbangan ke Provinsi Kalimantan Timur, antara lain Menteri Luar Negeri Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima Paspampres, Letjen TNI Achiruddin, dan Wakil Kepala Bidang Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf.

Sementara itu, penampilan menyambut kepergian Presiden Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Indonesia. Wali Kota DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Baca juga: Wakil Presiden Maruf Amin akan mengambil alih IKN mulai Kamis depan

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi akan berkantor di IKN hingga 19 Oktober 2024.

Namun, menurut Jokowi, ia belum berkantor penuh di Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN) Kaltim selama 40 hari.

Ia mengaku akan mengunjungi pekerjaan di daerah tertentu.

Kata Jokowi, “Tidak (40 hari) saya keliling semua daerah. Enggak, saya keliling daerah, mungkin saya keluar dari IKN saja, itu yang terjadi,” kata Jokowi. Pernyataannya usai mengunjungi pasar tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumut, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/9/2024).

Kepala Negara memastikan bandara VVIP yang baru dibangun akan digunakan untuk terbang ke daerah lain dari IKN jika bandara tersebut sudah siap.

Ia memastikan, pihaknya akan mengecek kondisi bandara terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca juga: PUPR dapat tambahan limit Rp 9,11 Triliun untuk IKN

“Iya nanti kita lihat kondisinya. Kalau bandara baru sudah siap untuk penerbangan maka dari bandara baru kalau tidak dari Balikpapan,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, ada beberapa tugas yang akan dilaksanakan jika berbasis IKN.

Agenda ini tidak seperti aksi di Istana Kepresidenan Jakarta. Bedanya, akan ada lokasi pembangunan yang menandai dimulainya pembangunan beberapa infrastruktur di IKN.

Ya, pertemuan dengan resepsionis itu biasa saja, malah menarik lebih banyak investor, jelas Jokowi. Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top