Kenapa ‘Ngantukan’ padahal Tidur Cukup? Berikut Penyebabnya…

virprom.com – Kurang tidur bisa membuat Anda merasa mengantuk di siang hari. Tapi kenapa Anda tetap merasa ngantuk meski tidur cukup?

Merasa sangat mengantuk meskipun sudah cukup tidur dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain gangguan tidur, gangguan tiroid, gangguan kesehatan mental, dan anemia.

Meski umumnya tidak serius, rasa kantuk yang terus-menerus bisa jadi merupakan gejala masalah kesehatan tertentu yang memerlukan pengobatan atau perhatian medis.

Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini alasan mengapa kita masih merasa ngantuk meski sudah tidur cukup.

Baca juga: Bagaimana cara mengatasi kantuk dengan mudah? Ini daftar 10… Kenapa ngantuk padahal tidur cukup?

Beberapa kondisi medis dan gangguan kesehatan dapat membuat orang merasa mengantuk meski sudah cukup tidur, seperti gangguan tiroid, gangguan tidur, dan gangguan kesehatan mental.

Menurut Cleveland Clinic and Healthline, ada beberapa penyebab kantuk yang patut Anda waspadai. Gangguan tidur

Rasa kantuk yang terus-menerus dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari.

Beberapa jenis gangguan tidur bisa membuat Anda tetap mengantuk meski sudah cukup tidur, seperti sindrom kaki gelisah, narkolepsi, hipersomnia, dan sleep apnea. gangguan tiroid

Sering mengantuk di siang hari mungkin merupakan gejala penyakit tiroid. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup.

Akibatnya, metabolisme tubuh akan melambat dan mudah merasa lelah serta mengantuk.

Baca juga: Apa yang Membuat Kita Cepat Tertidur? Berikut daftar 8… Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Konsumsi makanan yang tidak sehat akan berdampak buruk pada energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tubuh yang kekurangan kalori dan nutrisi seperti protein akan memecah lemak dan otot untuk memenuhi kebutuhan energi sehingga menyebabkan kelelahan dan kantuk. Gangguan kesehatan jiwa

Gangguan kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi bisa membuat Anda merasa lelah di siang hari, meski Anda cukup tidur.

Bahkan, penderita gangguan kesehatan mental juga akan sulit tidur atau tidak bisa tidur kembali setelah terbangun di malam hari. Anemia

Merasa sangat lelah dan mengantuk bisa jadi merupakan gejala anemia yang menyebabkan seseorang kehilangan energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top