Hizbullah Nyatakan Luncurkan Fase Baru dalam Perang Lawan Israel, Apa Rencananya?

BEIRUT, Compass.com – Hizbullah memulai fase baru dalam perang melawan Israel.

Pada Kamis (17/10/2024) kelompok Lebanon mengaku baru pertama kali menggunakan roket presisi (PGM) atau roket presisi untuk melawan tentara.

Israel telah mengebom Lebanon selatan dan timur, wilayah yang dikuasai Hizbullah, sejak dimulainya pertempuran pada 23 September.

Baca Juga: Israel Benarkan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas

Di desa perbatasan Lebanon, kedua belah pihak terlibat pertempuran setelah Israel melancarkan serangan darat bulan lalu.

“Kami mengumumkan perubahan dan kemajuan ke tingkat baru dalam konflik dengan musuh Israel, yang akan mempengaruhi perkembangan dan kejadian dalam beberapa hari mendatang,” kata Hizbullah dalam pernyataannya, dikutip AFP.

Pengumuman itu muncul setelah tentara Israel mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukannya telah membunuh Yahya Sinwar, seorang pemimpin afiliasi Hizbullah di Hamas.

Namun pernyataan itu tidak menyebutkan nama pemimpin Hamas tersebut.

Hizbullah menjelaskan bahwa “ratusan pejuang siap menghadapi serangan darat Israel terhadap desa-desa di Lebanon selatan,” jelas Hizbullah.

Mereka juga mengatakan bahwa serangan terhadap Israel meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Hizbullah mengatakan serangan roketnya meningkat dari hari ke hari.

Baca Juga: Hizbullah Setuju Pembicaraan dengan Israel di Hari Nasrallah Dibunuh Israel Klaim Temukan Senjata Canggih Rusia di Pangkalan Hizbullah Israel Terus Targetkan Hizbullah di Lebanon, Tewaskan 21 Orang

“Serangan itu digunakan untuk pertama kalinya dengan roket presisi,” kata mereka

Israel membunuh pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dalam serangan di Beirut pada 27 September. Israel telah berulang kali menuntut agar Hizbullah disingkirkan dari perbatasan agar warganya dapat kembali ke rumah mereka di Israel utara.

Sebelumnya pada hari Kamis, anggota parlemen Hizbullah Hassan Fadlallah mengatakan bahwa tentara Israel tidak menguasai semua desa di Lebanon selatan. Dengarkan berita terkini dan berita pemilu kami langsung ke ponsel Anda. Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top