Jokowi: Perubahan Cuaca Tidak Jelas, Kapan Panas dan Hujan Sulit Diprediksi

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perubahan iklim saat ini tidak jelas dan tidak menentu sehingga sulit memprediksi kapan musim panas dan musim hujan akan terjadi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Pusat Penelitian Genomik Pertanian di Hambang Hasundutan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

“Karena perubahan iklim tidak menentu, maka perubahan iklim tidak menentu. Berapa bulan panas, berapa bulan hujan, saat ini sulit diprediksi dan dihitung,” kata Jokowi, Rabu.

Menurut Jokowi, perubahan iklim kini semakin terasa.

Baca juga: Jokowi Buka Peluang Punya Pekerjaan Lain Sebelum Pensiun

Dampaknya tidak terkait dengan udara panas di semua negara, namun produksi pangan global telah menurun.

“Hal ini akan menyebabkan produksi pangan menurun di hampir semua negara. Dan ketakutan dunia akan terjadi krisis pangan,” kata mantan Gubernur Jakarta ini.

Di sisi lain, Jokowi menilai riset pangan dan hortikultura di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain.

Ia mencontohkan, produksi kopi di Indonesia masih 2 hingga 2,3 ton per hektar, sedangkan negara lain bisa menghasilkan 8 hingga 9 ton kopi per hektar.

Artinya, unggulan teratas yang kita miliki kalah dengan mereka, kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi yang Pulang Kampung Setelah Pensiun Belum Beli Tiket Pesawat ke Solo

“Berasnya sama, kita masih punya 5,2 ton per hektar. Negara lain punya lebih dari 7, artinya penelitian kita di sini tertinggal dari negara lain,” ujarnya.

Untuk itu, Jokowi memuji dibukanya Pusat Penelitian Genomik Pertanian di Sumut.

Ia berharap dapat meningkatkan produksi kopi, beras, kentang, alfalfa, bawang putih, dll. per hektar.

“Mohon kerjasamanya dengan siapapun, dengan negara manapun. Yang penting kita mendapatkan bibit yang bagus, bibit yang baik agar produktivitas produksi padi dan produksi pangan kita per hektarnya meningkat,” kata Jokowi. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top