Perawatan Mobil Ford Lebih Sulit Dibanding Merek Lain?

 

KLATEN, virprom.com – Perawatan mobil Ford secara umum sama dengan merek lain. Namun jika pengobatannya menjadi rumit dan tidak berdasarkan ilmu pengetahuan, tidak menutup kemungkinan bisa mencapai tahap akhir.

Beberapa orang juga percaya bahwa kendaraan Ford sulit dirawat, sehingga menyebabkan harga jual kembali lebih rendah. Alasannya, konsumen khawatir jika ada masalah yang menyebabkan kerusakan lebih parah.

Lantas benarkah mobil Ford lebih sulit perawatannya dibandingkan merek lain?

 Baca juga: Pengguna Ford bisa menggunakan bengkel khusus untuk servis

Clayton Immun, pemilik Trucook Ford Specialists, mengatakan tidak sepenuhnya benar jika berasumsi bahwa kendaraan Ford sulit dirawat.

“Saya kira semua bengkel umum bisa memperbaiki kendaraan Ford, sebagian besar sama, hanya ada beberapa bagian yang tidak diketahui oleh bengkel biasa,” kata Imun kepada Kompas Network, Selasa (8). / 10/2024).

Immune mengatakan ketidaktahuan ini membuat kendaraan Ford sulit dirawat. Namun, hal itu seharusnya mudah mengingat pengetahuan rinci tentang mekaniknya.

 Baca juga: Memilih oli mesin untuk kendaraan Ford bukanlah perkara rumit

“Pada dasarnya saya sudah 7 tahun menjadi mekanik resmi Ford, dan setiap hari saya mendapat keluhan dari konsumen, dan saya mendapat pelatihan khusus dari perusahaan, jadi saya lebih dewasa,” kata Imun.

Immun mencontohkan perbedaan antara perawatan Ford dan elektronik mobil lainnya.

“Tidak semua bengkel bisa mengganti modul jika rusak karena memerlukan coding atau pemrograman ulang dengan alat khusus agar kodenya bisa disesuaikan,” kata Imun.

Baca juga: Alasan Turunnya Harga Mobil Ford

Imun mengatakan, alat tersebut merupakan perangkat lunak yang dapat melakukan sinkronisasi modul-modul baru berdasarkan sistem yang terpasang pada unit mobil.

“Kami menggunakan Integrated Diagnostic Software (IDS) yang tidak dimiliki semua bengkel, sehingga konsumen membutuhkan bengkel khusus untuk perawatannya,” kata Imun.

Selain itu, menurut Immune, terdapat detail mengenai dimensi atau dimensi tertentu pada kendaraan Ford. Misalnya kisaran suhu mesin ideal saat AC hidup dan mati.

 Baca juga: Tertarik dengan Mobil Bekas Ford, Waspadai Penyakit Umum

“Detail seperti ini mempengaruhi performa kendaraan Ford, sehingga pergi ke bengkel spesialis dapat mendeteksi dini tanda-tanda kerusakan atau penurunan performa sehingga kerusakan tidak lebih parah,” kata Imun.

Jadi, menurut Immun, seharusnya mobil Ford sulit dirawat karena detail sistem dan konsep kerjanya tidak sama dengan kebanyakan mobil di Tanah Air. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top