Jangan Tertipu, Begini Mendeteksi Manipulasi Odometer pada Mobil Bekas

JAKARTA, virprom.com – Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan hemat, namun calon pembeli patut mewaspadai kemungkinan manipulasi odometer.

Menurut Jeffrey, pemilik jasa inspeksi mobil bekas Autospector, praktik penggantian odometer bukanlah hal yang aneh dan seringkali sulit ditemui oleh pembeli biasa.

“Salah satu tanda odometernya dirusak adalah kondisi fisik mobil yang tidak sesuai dengan angka odometernya. Kalau di odometernya menunjukkan angka rendah tapi setir, pedal, dan jok sudah aus, itu bisa jadi pertanda. bahwa odometernya diundur,” kata Geoffrey kepada virprom.com, Selasa (9/10.2024).

Baca Juga: Komunitas Penggemar GR Rayakan HUT Pertama

Pada saat yang sama, Jeffrey mengingatkan bahwa tidak semua tanda-tanda gangguan pada odometer langsung terlihat. Teknologi penggantian odometer kini semakin canggih, sehingga cek kosong tidak selalu cukup untuk memastikan keasliannya.

“Terkadang manipulasinya sangat halus sehingga diperlukan penelitian yang lebih intensif untuk mengidentifikasinya,” tambahnya.

Selain memperhatikan kondisi fisik, calon pembeli juga disarankan untuk mengecek riwayat perawatan mobil. Jika riwayat servis menunjukkan jarak tempuh lebih jauh daripada pembacaan odometer, ini mungkin merupakan bukti bahwa odometer telah dirusak.

Layanan pemeriksaan kendaraan pihak ketiga mungkin tersedia bagi calon pembeli untuk memberikan informasi lebih detail mengenai kondisi mobil bekas.

Baca Juga: Hati-Hati Dalam Perbaikan Jangan sampai tertipu oleh oknum bengkel AC

Laporan pemeriksaan biasanya memuat pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin terhadap komponen-komponen penting lainnya yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai kondisi sebenarnya.

Oleh karena itu, memastikan keaslian odometer menjadi langkah penting agar pembeli tidak dirugikan, terutama dari segi nilai dan keandalan mobil. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top