Bicara Wacana Toyota Hilux Rangga Diproduksi Lokal

JAKARTA, virprom.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Selasa (15/10/2024) di Jakarta setelah kemunculan pertamanya setahun sebelumnya.

Harga mobil ini berkisar Rp 188,7 juta untuk tipe standar M/T GAS Hilux Rangga CAB hingga Rp 304,5 juta untuk tipe tertinggi yakni Hilux Rangga Pick Up 2.4 Advanced Diesel A/T.

Sekadar informasi, Toyota Hilux Rangga masih berstatus full built import (CBU), yakni diimpor langsung dari Thailand. Namun, mungkin ada pembicaraan bahwa Toyota akan memproduksi koleksi tersebut secara lokal.

Baca Juga: Toyota Hilux Rangga bidik terjual 500 unit per bulan

“Terbukalah (untuk produksi lokal) karena sebenarnya platform IMV juga diproduksi di Indonesia. Namun perlu Anda ketahui bahwa Hilux berbasis di Thailand. “Mereka banyak memproduksinya, baik untuk dalam negeri maupun ekspor,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

“Saat ini kalau dilihat dari volume impor dan melihat situasi masih CBU pertama,” lanjutnya.

Meski Toyota Hilux Rangga saat ini masih berstatus CBU, namun rekanannya menggandeng bengkel mobil untuk melakukan konversi dan modifikasi.

Berdasarkan klaim perusahaan, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Hilux Rangga mencapai hingga 50 persen jika memperhitungkan bodywork lokal.

Baca juga: Toyota Rangga Resmi Dijual, Bagaimana dengan Hilux?

Harapannya, total nilai (tambah) mobil itu sendiri, jika menggunakan bahan dalam negeri, tetap lebih tinggi dibandingkan bahan impor, kata Anton.

“Intinya produksi lokal selalu dibicarakan. Itu disebut dinamis, bukan? Jadi peluangnya tidak pernah pasti. “Tapi sekarang kalau dilihat dari keseluruhan visi biaya, produksi, dan sebagainya, kita masih impor dulu,” lanjutnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top