Apa Saja Makanan Anti Peradangan? Berikut 12 Daftarnya

virprom.com – Pencegahan peradangan pada tubuh bisa dilakukan dengan menambahkan satu jenis makanan. Jadi apa saja makanan anti inflamasi itu?

Makanan yang mengandung rempah-rempah alami seperti kunyit, jahe, dan lada hitam dilaporkan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada tubuh.

Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan ikan berlemak juga merupakan makanan anti inflamasi yang patut dikonsumsi.

Baca Juga: Apakah Makanan Manis Meningkatkan Kolesterol? Berikut penjelasannya… Apa itu makanan anti inflamasi?

Peradangan mempunyai dampak yang berbeda-beda pada tubuh. Kondisi paling umum yang terjadi pada tubuh adalah nyeri dan bengkak.

Perubahan pada tubuh yang terkena juga memberikan efek peradangan pada tubuh, demam, demam, kehilangan aktivitas karena cedera, nyeri perut dan dada, peradangan juga dapat mempengaruhi sistem dan organ.

Jerawat biasanya muncul ketika virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh. Meski menyehatkan dan bisa hilang dengan sendirinya, peradangan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nah, kondisi ini bisa dikurangi dengan rutin mengonsumsi makanan tertentu.

Laporan Healthline, Penelitian tahun 2023 menunjukkan bahwa mengonsumsi produk nabati mempengaruhi mikrobioma usus, mengurangi masalah akibat peradangan, dan mencegah gejala penyakit.

Selain bergizi, ikan kaya akan asam lemak omega-3 seperti DHA dan EPA yang juga membantu mencegah peradangan.

Baca juga: Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Gula Darah? Berikut daftar 9…

Makanan kaya serat, seperti sayur dan buah, juga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar makanan anti inflamasi yang bisa Anda konsumsi: Jahe Kunyit Kayu Manis Bawang Putih Cabai rawit Lada hitam Ikan berlemak, termasuk salmon, sarden, tuna, dan makarel Sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, kangkung, dan kembang kol Buah. , seperti stroberi, blueberry, nanas, tomat, dan buah naga Teh hijau Cokelat hitam.

Selain diet anti-inflamasi, seseorang harus cukup tidur dan berolahraga secara teratur untuk mencegah masalah terkait peradangan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

  Apa yang menyebabkan peradangan?

Peradangan adalah respons tubuh untuk melindungi diri dari cedera atau penyakit. Berikut beberapa penyebab peradangan: Cedera saat olahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat menyebabkan peradangan parah. Infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan faktor lingkungan, antara lain polusi udara, paparan racun dan bahan kimia industri yang mengangkut muatan, terutama koleksi. . lemak perut (lemak visceral) Makan makanan tinggi lemak dan garam Perokok Konsumsi alkohol berlebihan Kurang olah raga.

Demikian penjelasan mengenai makanan anti inflamasi dan faktor yang harus dihindari untuk mencegah peradangan. 

Baca juga: Makanan Apa Saja Penyebab Kanker? Begini Penjelasan Dokter…. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top