Gula Tinggi Tidak Boleh Makan Buah Apa? Berikut 3 Daftarnya…

virprom.com – Beberapa makanan, termasuk buah-buahan, bisa mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Lantas, buah apa saja yang tidak boleh dimakan jika tinggi gula?

Tentunya bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi disarankan untuk mengurangi konsumsi buah-buahan kaya gula seperti semangka, pisang yang terlalu matang, dan nanas.

Meski demikian, buah secara umum aman dikonsumsi bagi penderita gula darah tinggi.

Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya jenis buah-buahan yang tidak boleh dimakan oleh penderita gula tinggi dan rekomendasi buah-buahan berikut ini.

Baca Juga: Apakah Sawo Meningkatkan Gula Darah? Begini penjelasannya… Buah apa saja yang terlalu banyak gulanya yang tidak boleh dimakan?

Jenis buah tertentu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang dengan kadar gula tinggi, seperti semangka, pisang yang terlalu matang, dan nanas, karena mengandung banyak gula.

Kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, yang jika tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan yang lebih serius.

Medical News Today melaporkan, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita gula darah tinggi, yang paling matang adalah pisang.

Meski tinggi gula, jenis buah di atas tetap aman dikonsumsi dan tidak boleh dihindari sama sekali.

Namun mengingat kandungan gulanya tinggi, jumlahnya harus lebih sedikit lagi.

Orang yang menderita gula darah tinggi atau diabetes sebaiknya makan buah dalam porsi sekali saja dan menggabungkannya dengan makanan yang mengandung protein atau lemak sehat.

Menurut Mayo Clinic, porsi buah yang dianjurkan bagi penderita gula darah tinggi adalah tidak lebih dari 15 gram karbohidrat, sehingga sebaiknya disesuaikan dengan jenis buah yang dikonsumsi.

Jadi porsi aman yang dianjurkan adalah setengah buah pisang ukuran sedang, semangkuk irisan semangka atau sekitar 150 gram, dan satu atau dua buah nanas kecil.

Orang dengan gula darah tinggi mungkin memerlukan porsi buah yang lebih kecil atau lebih besar seperti yang ditentukan oleh dokter mereka.

Untuk itu, diperlukan saran medis untuk menemukan porsi buah yang tepat sesuai dengan kondisi fisik Anda dan target gula darah yang ingin Anda capai.

Baca juga: Apa yang Dirasakan Penderita Gula Darah Tinggi? Inilah 6 tanda… buah yang cocok untuk penderita diabetes

Kebutuhan vitamin dan mineral bagi penderita gula darah tinggi atau diabetes dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top